Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Mengenal Skuadron Udara 17 TNI AU, Tempat Mayor Kresna Bertugas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mayor Pnb Kresna Hendra Wibawa, pilot yang menerbangkan pesawat pembawa duplikat bendera Merah Putih dan teks Proklamasi berasal dari Skuadron Udara 17 TNI Angkatan Udara.

Skuadron Udara 17 TNI Angkatan Udara, bermarkas di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma. Satuan ini memiliki tugas penerbangan pesawat kepresidenan yang membawa pejabat VIP dan VVIP ataupun tamu negara.

Skadron udara ini hanya khusus digunakan untuk Presiden maupun Wakil Presiden, saat mengadakan kunjungan kerja di daerah-daerah di pelosok Indonesia.

Sebelumnya, pada tahun 1963 Skuadron Udara ini bernama Skuadron Udara IV. Kemudian, namanya diubah sesuai keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara No. 31 dengan mengambil angka 17 yang merupakan kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dalam tugasnya, Skuadron Udara 17 pernah menerbangkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon, dengan menggunakan pesawat Boeing 737. Saat itu, Letkol Pnb Bambang Gunarto, komandan yang ke-25 bertugas dalam misi perjalanan yang melintasi benua.

Seperti diketahui, Mayor Pnb Kresna Hendra Wibawa dari Skuadron Udara 17 TNI AU ditugaskan memerbangkan pesawat kepresidenan Boeing 737-800 untuk membawa bendera Merah Putih dan teks Proklamasi ke IKN (Ibu Kota Nusantara).

Ia mengaku, Kresna mengaku bangga, menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya.

“Tentunya menjadi suatu kebanggaan secara pribadi dan tentunya kesatuan kami TNI AU yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas yang sangat mulia untuk menerbangkan atau membawa duplikat sang saka merah putih dan teks proklamasi. Tentunya suatu hal yang luar biasa sekali bagi kami dan satuan kami,” katanya seperti dikutip Holopis.com dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (10/8).

“Ini jadi cerita tersendiri untuk kami pribadi dan satuan kami dan secara luas TNI AU, karena baru kali ini kami melaksanakan misi ini, karena sudah biasa membawa pejabat TNI maupun tamu negara, pejabat, tapi kali ini membawa simbol negara yang jauh lebih besar,” sambungnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Sabu di Nunukan

TNI melalui Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 11 Kostrad mengamankan pelaku penyelundupan narkotika jenis sabu di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal di Tarakan

TNI AL melalui Lantamal XIII Tarakan mengamankan sejumlah pelaku penyelundupan kosmetik ilegal melalui wilayah perairan Kota Tarakan, Provinsi Kalimatan Utara.

TNI Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas di Nunukan, Tapi Pelaku Kabur

TNI dari Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Pos Aji Kuning dan Satgas Intel Dam VI/Mulawarman berhasil menggagalkan upaya penyelundupan lima bal pakaian bekas (balpress) di wilayah perbatasan RI-Malaysia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru