Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Pastikan Medali Atlet Tak Kena Bea Masuk

Kemenkeu Pastikan Medali Atlet Tak Kena Bea Masuk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Juru bicara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Yustinus Prastowo menyampaikan ucapan selamat atas raihan 2 (dua) medali emas untuk Indonesia dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

“Selamat Veddriq dan Rizki! Luar biasa capaian di Paris,” kata Yustinus dalam tweetnya di akun X @prastow seperti dikutip Holopis.com, Jumat (9/8).

Ia menilai bahwa pencapaia dua atlet Indonesia tersebut memang sangat membanggakan. Apalagi ini adalah pencapaian emas yang bisa mengangkat derajat Indonesia di mata dunia.

“Emas yang begitu bermakna bagi Indonesia,” ujarnya.

Postingan Yustinus ini tidak berdiri sendiri. Akan tetapi sebuah bagian dari respons atas tweet seseorang yang menyebut bahwa bisa jadi medali emas yang akan dibawa pulang timnas Indonesia tersebut akan dikenakan bea masuk oleh Ditjen Bea Cukai Kemenkeu.

“Bea Cukai siap menyambut dengan penuh hormat, sukacita, dan tentunya dengan fasilitas negara: dijamin semua yang diraih bebas bea! Kami bangga!,” tegas Yustinus.

Piala Bisa Kena Bea Masuk

Sebelumnya, sebuah akun X @rizkidwika membuat sebuah postingan untuk mersepons pencapaian medali emas yang digigit oleh atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo.

“Jangan senyum2 Veddriq, Bea cukai CGK menantimu,” tulis DWIK.

Hal ini berkaca dengan sebuah kasus yang pernah dialami oleh WNI yang mengikuti ajang bernynayi di TV Jepang, Fatimah Zahratunnisa. Di mana ia menceritakan bahwa pada tahun 2015, ia ditagih biaya bea masuk oleh Bea Cukai sebesar Rp4 juta untuk menebus piala yang ia dapat.

“2015 menang acara nyanyi di TV Jepang, pialanya dikirim ke Indo karena gede banget buat dibawa di pesawat. Ditagih pajak 4 juta. Padahal hadiah lombanya gak ada hadiah uang cuma piala itu doang. Menang lomba kok nombok,” tulis Zahra di akun X @zahratunnisaf.

Tweet Zahra ini merupakan respons atas tweet BeaCukaiRI yang menyebut bahwa semua barang yang masuk ke Indonesia dianggap sebagai barang impor, termasuk hadiah atau gift.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.

BI Catat Penyaluran Kredit Tumbuh 11,40 Persen

Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit oleh perbankan per Agustus 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 11,40 persen secara tahunan (yoy).

BI Ramal The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 3 Kali Tahun Ini

Bank Indonesia (BI) memproyeksi bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) bakal menurunkan suku bunga acuannya atau Fed Fund Rate (FFR) sebanyak 3 kali di sisa tahun 2024 ini.