Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizIHSG Diproyeksi Menguat, Tersengat Data Keyakinan Konsumen

IHSG Diproyeksi Menguat, Tersengat Data Keyakinan Konsumen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) diproyeksi mengalami penguatan pada perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat 9 Agustus 2024.

Retail Research Analyst BNI Sekuritas, Muhammad Lutfi Permana mengatakan, bahwa penguatan IHSG pada hari ini salah satunya di topang oleh data Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2024 yang masih di level optimis.

“IHSG pada hari ini kemungkinan akan kembali menguat, didukung oleh data domestik yang masih bagus seperti indeks keyakinan konsumen (IKK) bulan juli,” kata Lutfi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (9/8).

Adapun berdasarkan data survei konsumen yang dirilis Bank Indonesia (BI), IKK pada bulan Juli 2024 mengalami kenaikan, dari yang semula pada bulan Juni sebesar 123,3 menjadi 123,4.

Tak hanya data IKK, data cadangan devisa RI juga naik sebesar US$ 5,2 miliar dibandingkan periode sebelumnya, menjadi US$ 145 miliar.

Di sisi lain, data tenaga kerja AS menunjukkan hasil yang lebih baik dari perkiraan dan tentunya ini akan meredakan kekhawatiran investor terhadap ekonomi AS yang semakin memburuk yang mengarah ke resesi.

“Level support IHSG di 7.240-7.275. Sedangkan level resist berada di 7.177-7.165,” kata Lutfi.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data RTI, IHSG pada perdagangan Jumat (9/8) pagi ini dibuka melesat naik 55,96 poin atau 0,78 persen ke level 7.251,08.

Terpantau sebanyak 259 saham emiten menguat. Sementara, 99 saham melemah dan sebanyak 176 saham lainnya tidak bergerak alias stagnan.

Untuk sementara, total transaksi yang tercatat hingga pukul sebanyak Rp555,17 miliar, dengan total saham yang diperdagangkan mencapai 1,05 miliar saham.

Adapun untuk hari ini BNI sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang bisa menjadi top picks pada perdagangan hari ini, yakni PGAS, SIDO, SMRA, GJTL, TCPI, dan AVIA.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.

Panas! Arsjad Rasjid Diusir dari Menara Kadin

Tensi di internal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kini semakin memanas, setelah perhelata Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada Sabtu (14/9).