Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Kondisi Kesehatan Ibu Hamil di Penjara, Apa Pengaruhnya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kasus Meita Irianty yang ditangkap karena diduga menganiaya anak kecil membuat banyak orang tua merasa geram dan semakin takut menitipkan anak-anak mereka. Bagaimana tidak? Meita adalah sosok influencer parenting yang memiliki tempat daycare.

Meskipun dalam keadaan hamil, Meita pun tetap ditahan oleh polisi selama proses hukum dari pihak berwajib.

Membahas soal mental ibu mengandung di penjara, Psikolog Klinis Sri Mulyani Nasution atau Riri mengatakan mental ibu hamil pasti akan berdampak, namun hal itu juga kembali lagi ke individu masing-masing dan apakah si ibu hamil memang bersalah dalam tindakan kriminalnya.

“Sebenarnya masih ada kaitannya dengan jenis kesalahannya. Kepribadian si ibu, apakah dia memang seorang kriminal,” kata Riri kepada Holopis.com, Rabu (7/8).

Riri menjelaskan bahwa seorang ibu yang memang merupakan kriminal bisa jadi tidak menjadikan kehamilannya masalah dan tidak membuatnya tertekan.

Namun jika ibu hamil tersebut tidak memiliki ciri-ciri kriminal, makan ia akan terserang secara psikologis.

“Ya mungkin dia melakukan kesalahan karena terganggu secara psikologis atau mungkin karena kesalahan yang tidak ia sengaja dan hal-hal lain, kondisi kehamilan dibawa ke penjara itu akan memberi pukulan tersendiri,” jelasnya.

Apalagi bayi yang ada di dalam kandungan akan terkena dampak besar akibat kondisi si ibu.

“Akan berdampak kepada kondisi si bayi di dalam kandungan, apalagi kalau harus melahirkan di penjara. Jadi tergantung,” lanjutnya.

Risiko Bayi Stress Karena Lingkungan di Penjara

Riri juga menjelaskan bahwa kemungkinan bayi mengalami stress jika lingkunannya adalah penjara sangatlah besar.

“Ketika dia lahir di penjara dia akan dibesarkan di lingkungan yang tentunya tidak sehat bagi bayi,” pungkasnya.

Sementara itu membahas Meita, Riri menjelaskan bahwa Meita harus menerima pemeriksaan psikologis mendalam terkait apakah ada kaitannya antara kehamilan yang sedang ia alami, dan tindakannya dalam menyiksa anak-anak.

Riri juga memperingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati lagi dalam mendapatkan ilmu dari influencer yang mengklaim memiliki kompeten.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Cara Atasi Perasaan Cepat Tersinggung

Perasaan cepat tersinggung bisa mengganggu hubungan interpersonal dan mempengaruhi kesejahteraan mental.

Tiba-tiba Galau Saat Tengah Malam? Coba Deh Lakukan Ini

Pernah nggak tiba-tiba tengah malam, Sobat Holopis terjaga dari tidur dan merasa galau tanpa alasan yang jelas? Gak jarang, rasa galau ini datang begitu saja dan bikin tidur kita jadi terganggu.

Cara Atasi Amarah Agar Lebih Tenang

Mengelola amarah dengan efektif adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental dan hubungan yang harmonis. Dibutuhkan pemahaman terhadap diri sendiri, ketenangan, dan aktivitas fisik agar mental semakin segar dan tidak terbelenggu dengan pikiran-pikiran negatif.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru