Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

TNI AL Amankan Intelijen Teroris Papua

HOLOPIS.COM, PAPUA – TNI AL (Angkatan Laut) melalui Satgas Gabungan Satgas Marinir Pulau terluar (Puter) XXVIII mengamankan seorang pria bernama Pilemon Burame yang diduga merupakan bagian dari kelompok teroris Papua.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Biak, Kolonel Mar Jinawi Atut Waluyanto mengungkapkan, penangkapan yang dilakukan bersama personel TNI AD itu bermula dari adanya laporan masyarakat.

Dimana hal itu bermula ketika warga di Kampung Mapia Distrik Supiori Utara, Kabupaten Supiori, Papua, melihat gerak-gerik seorang pria yang mencurigakan.

“Petugas kemudian menghampiri pelaku dan meminta identitasnya, tetapi pelaku tidak mau mengaku. Kemudian petugas langsung melakukan pemeriksaan tas secara paksa,” kata Jinawi dalam keterangannya pada Senin (5/8) seperti dikutip Holopis.com.

Dari tas pelaku yang diamankan secara paksa, ditemukan sejumlah barang bukti yang mengarah kepada identitas teroris Papua. Barang itu antara lain KTA Anggota OPM serta baju loreng lengkap dan berkas-berkas West Papua.

Dari hasil pemeriksaan, Jinawi menjelaskan bahwa pelaku yang berusia 35 tahun itu diduga melakukan mata-mata terhadap aktivitas prajurit TNI yang bertugas di daerah setempat.

“PB terdaftar sebagai anggota Papua Intelijen Servis TPNPB ditangkap,” ujarnya.

Untuk penanganan hukum terhadap pelaku anggota teroris Papua tersebut, pihaknya menyerahkan penindakan kasus hukumnya ke Polres Supiori.

Selanjutnya terduga pelaku beserta barang bukti dibawa dan diamankan menuju ke Biak dengan menggunakan Unsur KRI Kapak-625.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Sabu di Nunukan

TNI melalui Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 11 Kostrad mengamankan pelaku penyelundupan narkotika jenis sabu di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal di Tarakan

TNI AL melalui Lantamal XIII Tarakan mengamankan sejumlah pelaku penyelundupan kosmetik ilegal melalui wilayah perairan Kota Tarakan, Provinsi Kalimatan Utara.

TNI Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas di Nunukan, Tapi Pelaku Kabur

TNI dari Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Pos Aji Kuning dan Satgas Intel Dam VI/Mulawarman berhasil menggagalkan upaya penyelundupan lima bal pakaian bekas (balpress) di wilayah perbatasan RI-Malaysia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru