Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Semringah Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 Persen

Sri Mulyani Semringah Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2024 sebesar 5,05 persen secara tahunan atau yoy merupakan capaian yang cukup baik.

Sebab menurutnya, angka pertumbuhan ekonomi yang masih berada di atas 5 persen tersebut menandakan terjaganya momentum pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan di kuartal kedua masih cukup baik, dan memiliki momentum yang harus kami jaga, konsumsi, investasi, ekspor, impor, yang kami akan perhatikan,” kata Sri Mulyani seperti dikutip Holopis.com, Senin (5/8).

Ke depan, dia menegaskan pemerintah akan terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi perekonomian global yang cenderung mengalami pelemahan.

Ia pun memastikan, pemerintah akan memantau dinamika perekonomian Indonesia pada semester II-2024 untuk bisa mencapai target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024, yang sebesar 5,1 – 5,2 persen.

“Tentu ini tidak mudah pada saat perekonomian global sekarang ini justru cenderung mengalami pelemahan dan fragmentasi,” ujar Sri Mulyani.

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2024 mencapai angka 5,05 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Moh Edy Mahmud menyampaikan, ekonomi Indonesia secara kuartalan atau quartal to quartal (qtq), masih mencatatkan pertumbuhan di angka 3,79 persen.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu berdasarkan besaran produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 5.536,5 triliun dan atas dasar harga konstan mencapai Rp 3.231 triliun pada kuartal II-2024.

“Dengan Ditopang oleh aktivitas ekonomi domestik yang tetap kuat, ekonomi Indonesia tumbuh stabil sebesar 5,08 persen pada semester I-2024,” kata Edy dalam konferensi pers, Senin (5/8).

Edy menyampaikan, pola pertumbuhan ekonomi kuartalan berjalan sesuai pola musiman, dengan pertumbuhan ekonomi kuartal II yang lebih tinggi ketimbang pertumbuhan ekonomi di kuartal I.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.

BI Catat Penyaluran Kredit Tumbuh 11,40 Persen

Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit oleh perbankan per Agustus 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 11,40 persen secara tahunan (yoy).

BI Ramal The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 3 Kali Tahun Ini

Bank Indonesia (BI) memproyeksi bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) bakal menurunkan suku bunga acuannya atau Fed Fund Rate (FFR) sebanyak 3 kali di sisa tahun 2024 ini.