Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Yaqut Cholil Ragukan Keislaman Warga yang Tolak Pendirian Gereja

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyinggung sikap masyarakat Indonesia yang masih melakukan penentangan pendirian rumah ibadah.

Yaqut menuding, warga yang menolak pendirian rumah ibadah adalah warga yang belum memahami agama yang dianutnya.

“Jadi orang yang ribut itu, orang-orang yang nggak mau ada orang berbeda itu, artinya dia kurang mendalami agama yang mereka yakini, bukan sebaliknya,” kata Yaqut dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (3/8).

Padahal menurut Yaqut, orang yang sudah memahami agama yang dianutnya tidak mungkin menolak adanya pendirian rumah ibadah di lingkungannya.

“Kalau orang masih ribut-ribut, ada orang bikin gereja ditolak, itu artinya belum belajar agama dengan baik gitu. Kalau dia belajar agama dengan baik, pasti tidak akan menolak pendirian rumah ibadah agama apa pun, pasti,” tegasnya.

Yaqut kemudian menjelaskan bahwa dalam agamanya, yakni Islam, diajarkan saling toleransi. Oleh karena itu, jika kemudian ada warga beragama Islam yang masih mengganggu pendirian rumah ibadah justru patut dipertanyakan keIslamannya.

“Lalu apa yang bisa menjadikan alasan buat saudaranya untuk menentang saudara lain mendirikan rumah ibadah? Tidak ada. Kalau ada orang Islam yang menantang pendirian rumah ibadah orang lain, insya Allah dia belum terlalu Islam,” tandasnya.

Gus Yaqut meyakini sikap toleransi diajarkan dalam semua agama. Menurutnya, jika toleransi itu tidak ada, maka bukanlah manusia.

“Kalau kita tidak toleran, artinya kita bukan wujud dari manusia. Oleh karena itu, agama kita, agama saya, agama Bapak-Ibu sekalian, pasti menjunjung tinggi toleransi,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Korupsi CSR BI dan OJK, KPK : Untuk Kepentingan Pribadi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengantongi sejumlah...

KPK Dalami Tan Paulin di Gratifikasi Metrik Ton Batu Bara dan Aliran Uang Rita Widyasari

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami...

Teroris Papua Ajukan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air

Teroris Papua dikabarkan kembali mengajukan proposal penawaran untuk pembebasan pilot Susi Air yang telah lebih dari satu tahun disandera.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru