Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Kabadiklat Kemhan Beberkan 4 Aspek Penting dalam Manajemen Pembangunan Nasional

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Kabadiklat Kemhan), Mayjen TNI Zainul Arifin secara resmi membuka Kursus Manajemen Perencanaan dan Penganggaran (Susjemen Rengar) Pertahanan Angkatan LV TA. 2024 di Pusdiklat Manajemen Pertahanan (Jemenhan), pada Kamis 1 Agustus 2024.

Zainul dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa manajemen pembangunan nasional memiliki empat aspek penting yaitu perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi.

“Keempat aspek ini saling mendukung satu sama lainnya,” ujarnya dalam amanatnya, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (1/8).

Pada aspek perencanaan, dijelaskan Zainul, perlu dilakukan dari sisi proses penyusunan perencanaan, kapasitas kelembagaan, serta ketersediaan dan kapasitas data.

Kemudian dari aspek penganggaran, kemampuan menganalisis kebutuhan, menjamin efisiensi serta efektifitas pengalokasian sumber daya keuangan menjadi hal yang sangat diperlukan.

Sedangkan dari sisi pelaksanaan, perencanaan harus juga memberikan arahan dan langkah-langkah dan pengendalian untuk menjamin pelaksanaan rencana dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

Aspek terakhir yang juga memegang peranan penting dari perencanaan adalah monitoring dan evaluasi untuk menjamin bahwa perencanaan yang dilaksanakan dapat diketahui progres dan pencapaiannya.

“Agar proses tersebut dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan penguatan kompetensi pegawai di bidang perencanaan dan penganggaran sehingga meminimalisir pemborosan, kebocoran, dan penyimpangan anggaran, yang pada akhirnya akan menurunkan akuntabilitas kinerja instansi,” pesan Zainul.

Diketahui, peserta Kursus Manajemen Perencanaan dan Penganggaran berjumlah 30 orang, yang terdiri dari unsur Kemhan 11 orang, Mabes TNI 3 orang, TNI AD 12 orang, TNI AL 2 orang, dan TNI AU 2 orang

Adapun pendidikan ini dilaksanakan selama 3 bulan hari kerja, terhitung mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 23 Oktober 2024 mendatang.

Adapun pembukaan pendidikan tersebut dihadiri oleh para Kapusdiklat Badiklat Kemhan, Ropeg Setjen Kemhan, Mabes TNI dan Spers Angkatan, serta tamu undangan lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hati-hati, Ada Pekerjaan Rekonstruksi Jembatan dan Jalan di Tol Jakarta – Cikampek

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) serta...

Jangan Sepele, Ini 4 Khasiat Luar Biasa Kuning Telur

Telur adalah makanan yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kuning telur memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh.

Lokasi Samsat Keliling Hari Selasa 17 September di 14 Wilayah Jadetabek

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Selasa 17 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru