NewsEkobizIHSG Dibuka Perkasa, Tapi Rupiah Malah Loyo

IHSG Dibuka Perkasa, Tapi Rupiah Malah Loyo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kinerja mayoritas bursa di Asia mengalami penguatan pada perdagangan Rabu (31/7) pagi ini, termasuk bursa Indonesia.

Berdasarkan data perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat di level 7.251, dan berpeluang untuk bergerak dalam rentang 7.200 – 7.270.

Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin menerangkan, penguatan IHSG dan sejumlah bursa di Asia para pagi ini ditopang oleh melemahnya imbal hasil US Treasury dan indeks USD.

Namun, kinerja mata uang rupiah pada perdagangan pagi ini ditransaksikan melemah di level Rp16.310 per dolar AS. Rupiah berpeluang bergerak dalam rentang Rp16.270 hingga Rp16.330 per dolar AS selama sesi perdagangan hari ini.

Selain itu, agenda ekonomi juga memberikan peranan terhadap kinerja pasar keuangan, yang terlihat data kepercayaan konsumen AS, dimana indeksnya mengalami penguatan di atas level 100.

Sementara itu, kinerja manufaktur China masih mengalami kontraksi pada bulan Juli, di mana indeks manufakturnya berada di level 49,4.

“Data tersebut menjadi sentimen negatif bagi pasar di Asia hari ini,” kata Gunawan dalam hasil risetnya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (31/7).

Di sisi lain, kata Gunawan, pelaku pasar di Asia juga tengah menanti kebijakan Bank Sentral Jepang atau BoJ, yang akan menetapkan besaran bunga acuannya.

“Selebihnya, pasar keuangan akan disuguhkan data inflasi AS pada perdagangan besok yang menjadi penggerak pasar selanjutnya,” ujarnya.

Meskipun IHSG menorehkan hasil yang positif, namun kinerja mata uang rupiah pada perdagangan pagi ini ditransaksikan melemah di level Rp16.310 per dolar AS, dan berpeluang untuk bergerak dalam rentang Rp16.270 hingga Rp16.330.

Sedangkan untuk harga emas terpantau mengalami penguatan dibandingkan dengan harga kemarin di level USD2.407 per ons troy

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Dear Investor, Perhatikan 3 Saham Ini Kalau Ingin Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat 0,53 persen pada penutupan perdagangan pekan lalu, Jumat (6/9). Bahkan, indeks saham acuan tersebut kembali mencatatkan rekor tertingginya pada pekan lalu.

Ramai Potongan Gaji Pekerja untuk Program Pensiun Tambahan, OJK Kasih Penjelasan

Setelah program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), kini pekerja dihadapkan kembali dengan rencana pemotongan gaji untuk program pensiunan tambahan.

Lindungi Konsumen, OJK Layangkan 195 Peringatan Tertulis ke Pelaku Usaha Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada para konsumen jasa keuangan. Seiring dengan itu, OJK telah memberikan sanksi kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

Sri Mulyani Pastikan Prabowo Bakal Lanjutkan Program Ekonomi Hijau

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memastikan program ekonomi hijau akan dilanjutkan di masa pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, setelah dilantik pada Oktober mendatang.