Anti Haus, KAI Sediakan Fasilitas Air Minum Gratis di Stasiun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyediakan mesin air siap minum gratis di beberapa stasiun. Air siap minum tersebut juga telah dilakukan pengecekan kualitas airnya.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pencekan bertujuan agar pelanggan atau pengunjung di zona dua dapat langsung memanfaatkannya saat haus dan membutuhkan air minum.

“Selain itu juga KAI dengan menyediakan fasilitas air minum di stasiun ini KAI berusaha mengajak penumpang – pekerja untuk turut melestarikan lingkungan dengan cara mengurangi pengunaan plastik terutama pada air minum kemasan baik gelas atau botol,” katanya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (31/7).

lebih lanjut, dijelaskan Ixfan bahwa fasilitas mesin air siap minum tersedia di delapan lokasi stasiun kereta api, yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Manggarai, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Juanda, serta di seluruh stasiun Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

“Dengan adanya mesin air siap minum, kebersihan, mutu, dan kualitas mesin serta air harus terjamin. Untuk melindungi kesehatan masyarakat dari penyakit yang bersumber dari air (water borne diseases), perlu dilakukan pengawasan dan pengamanan kualitas air minum di tempat dan fasilitas umum, termasuk stasiun kereta api,” tuturnya.

Tak lupa, Ixfan juga menuturkan bahwa Dinas Kesehatan memiliki peran penting dalam pengawasan eksternal kualitas air minum untuk memastikan air aman dikonsumsi masyarakat.

“Kementerian Kesehatan memfasilitasi antara PT KAI dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk pengawasan internal dan eksternal sesuai amanat dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 2 Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan, dengan 19 parameter yang diperiksa dalam air minum,” tuturnya.

Pemeriksaan bersama oleh Dinas Kesehatan dan tim Unit Kesehatan PT KAI Daop 1 Jakarta dilakukan mulai tanggal 16 juli 2024 di Stasiun Jakarta Kota dan pada tanggal 29 Juli 2024, dilakukan di Stasiun Rangkas Bitung kemudian ke stasiun-stasiun lainnya.

“Kegiatan pengawasan ini akan berakhir 6 Agustus 2024 di Stasiun Cikoko LRT Jabodebek, kegiatan ini bertujuan memastikan air yang disediakan untuk pelanggan kereta api memiliki kualitas yang aman dan layak untuk dikonsumsi, sehingga pelanggan terhindar dari dehidrasi, dari penyakit dan kualitas hidup sehat dapat meningkat,” pungkas Ixfan.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Senin 9 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Senin 9 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 9 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 9 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Kemenhub Segera Bahas Skema Subsidi KRL

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera membahas...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru