NewsEkobizBukan China, Bahlil Sebut Investor Terbesar RI Berasal dari Negara Ini

Bukan China, Bahlil Sebut Investor Terbesar RI Berasal dari Negara Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkap lima negara dengan realisasi investasi paling besar di Indonesia pada kuartal II 2024.

Bahlil Lahadalia mencatat, bahwa negara dengan realisasi investasi di Indonesia yang paling besar adalah Singapura, dengan nilai investasi mencapai 4,6 miliar Dolar AS.

Di posisi kedua baru diduduki China, dengan nilai investasi 2 miliar Dolar AS. Disusul Hongkong dengan nilai 1,9 miliar Dolar AS, Korea Selatan 1,3 miliar Dolar AS, dan Amerika Serikat (AS) dengan investasi sebesar 0,9 miliar Dolar AS.

“Dalam lima besar ini, Korea Selatan berhasil menggeser Jepang. Ini menunjukkan dinamika yang sangat signifikan,” ujar Bahlil dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Senin (29/7).

Secara keseluruhan, Bahlil mengungkapkan bahwa realisasi investasi Indonesia pada kuartal II 2024 tercatat sebesar Rp 428,4 triliun. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 22,5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 lalu.

Adapun realisasi investasi itu terdiri dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp217,3 triliun, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp211,1 triliun.

PMA, kata Bahlil, masih menjadi penyumbang terbesar realisasi investasi pada periode April-Juni tahun ini, dengan kontribusinya tercatat sebesar 50,7 persen.

“Di balik ketidakpastian ekonomi global itu kita tetap bersyukur bahwa, publik ekonomi global masih mempercayai kita sebagai salah satu negara tujuan investasi, karena kalau kita lihat FDI kita disini 50,7 persen, tumbuh 16,6 persen,” pungkas Bahlil

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Dear Investor, Perhatikan 3 Saham Ini Kalau Ingin Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat 0,53 persen pada penutupan perdagangan pekan lalu, Jumat (6/9). Bahkan, indeks saham acuan tersebut kembali mencatatkan rekor tertingginya pada pekan lalu.

Ramai Potongan Gaji Pekerja untuk Program Pensiun Tambahan, OJK Kasih Penjelasan

Setelah program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), kini pekerja dihadapkan kembali dengan rencana pemotongan gaji untuk program pensiunan tambahan.

Lindungi Konsumen, OJK Layangkan 195 Peringatan Tertulis ke Pelaku Usaha Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada para konsumen jasa keuangan. Seiring dengan itu, OJK telah memberikan sanksi kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

Sri Mulyani Pastikan Prabowo Bakal Lanjutkan Program Ekonomi Hijau

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memastikan program ekonomi hijau akan dilanjutkan di masa pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, setelah dilantik pada Oktober mendatang.