Olimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka, Api Balon Udara Menyala

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka dengan ditandai api menyala dari sebuah balon udara raksasa.

Sebelumnya diketahui, opening ceremony berjalan meriah, dan bahwa defile di atas kapal ini untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade Musim Panas, dimana biasanya defile dilakukan di dalam stadion.

Ada pun defile opening ceremony Olimpiade Paris 2024 ini berlangsung di Sungai Seine, seluruh kontingen menyusuri sungai tersebut menyapa khalayak umum.

Opening ceremony Olimpiade Paris 2024 dimulai Sabtu (27/7) dini hari WIB. Dikabarkan bahwa sebanyak 10.500 atlet berada di atas kapal melintasi sungai tersebut sepanjang 6 km.

Kontingen dari Yunani pun jadi negara pertama yang membuka opening ceremony Olimpiade Paris 2024. Kemudian beriringan kontingen dari negara lain.

Sementara itu dalam rangkaian acara tersebut juga ada konser musik, penyanyi kenamaan dunia Lady Gaga pun menjadi musisi pertama yang tampil.

Kemudian diiringi juga dengan berbagai rangkaian acara lain, seperti hal nya parade anak-anak berkostum pink dengan obornya, kemudian obor itu diestafetkan ke legenda bola Zinedine Zidane, lalu diestafetkan kembali ke pemeran lain.

Menariknya, opening ceremony Olimpiade Paris 2024 diiringi oleh hujan yang mengguyur di wilayah sekitar.

Di sisi lain, pada iring-iringan defile, Indonesia sekapal dengan India dan Iran. Sebanyak 14 atlet dan ofisial mewakili Merah Putih.

Tentunya ada sang pembawa bendera atlet judo Maryam March Maharani, bahkan ada Anindya Bakrie selaku Chef de Mission (CdM).

Dalam proses penyalaan api obor, obor diberikan secara estafet seperti dari Zidane ke petenis ternama asal Spanyol Rafael Nadal kemudian naik ke kapal dan bertemu dengan petenis lainnya, salah satunya Serena Williams.

Setelah itu, Nadal memberikan obor tersebut ke tokoh lain kemudian berlanjut dan diterima Tony Parker, mereka lantas berlari berlima dengan diantaranya ada atlet paralimpiade.

Ada pun dua sosok yang bertugas menyalakan api di cauldron adalah pejudo Prancis Teddy Riner dan pelari cepat Marie-Jose Perec, yang merupakan peraih medali emas Olimpiade sebanyak tiga kali.

Mereka lantas menyodorkan obor ke balon udara, balon udara kemudian terbang. Olimpiade Paris 2024 pun resmi dibuka.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jadwal Taipei Open 2024 Hari Ini : 3 Wakil Indonesia Tembus Final

Taipei Open 2024 memasuki babak final, Indonesia sendiri berhasil meloloskan tiga wakilnya ke fase tersebut. Berikut jadwal selengkapnya di artikel ini.

UEFA Nations League : Belanda Sikat Habis Bosnia 5-2

Timnas Belanda berhasil mengandaskan perlawanan Bosnia dan Herzegovina pada laga pertama Grup 3 Liga A UEFA Nations League 2024/2025, dengan skor telak 5-2.

Jerman Cukur Habis Hungaria 5-0 Tanpa Balas

Timnas Jerman berpesta gol ke gawang Hungaria pada laga pertama Grup C UEFA Nations League, dengan skor 5-0 tanpa balas.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru