NewsEkobizInvestor Pasang Kuda-kuda, GOTO Bakal Tarik 10,2 Miliar Saham Treasuri

Investor Pasang Kuda-kuda, GOTO Bakal Tarik 10,2 Miliar Saham Treasuri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dikabarkan bakal melakukan penarikan kembali saham-saham hasil pembelian kembali alias buyback, atau yang sering disebut juga dengan saham treasuri, dengan jumlah mencapai 10,2 miliar saham seri A.

Adapun saham-saham treasuri ini merupakan saham yang di-buyback oleh perusahaan raksasa teknologi tersebut pada periode 2021 dan 2022, yang masuk dalam modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Riwayatnya, saham ini dibeli kembali GOTO saat sebelum penawaran umum perdana (IPO) kala itu, sekaligus saham yang didapatkan dari pelaksanaan stabilitasi harga pasca-IPO alias greenshoe.

Demi memuluskan rencana itu, manajemen bakal meminta restu investor dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang rencananya bakal berlangsung pada 30 Agustus 2024 mendatang.

Adapun menurut Corporate Secretary GOTO, Koesoemohadiani menjelaskan, bahwa langkah pihaknya telah sesuai dengan aturan serta regulasi yang berlaku di Indonesia.

“Rencana penarikan kembali saham treasuri Perseroan sejalan dengan kewajiban pengalihan saham hasil pembelian kembali, yang diatur di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 29/2023 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Perusahaan Terbuka.” kata Diani, sapaan akrabnya dalam keterangan pers yang dikutip Holopis.com, Kamis (25/7).

Diani menegaskan langkah berkaitan dengan sejumlah inisiatif pembelian kembali saham yang telah dilakukan oleh Perseroan sebelum IPO. Pihaknya meyakini aksi korporasi ini dapat memberi nilai tambah bagi pemegang saham.

“Kami meyakini penarikan kembali saham treasuri akan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham seiring berkurangnya jumlah saham GOTO yang beredar,” katanya.

Secara aturan, perusahaan tercatat yang mempunyai saham treasuri wajib untuk dialihkan atau dilepas. Terdapat beberapa cara dalam mengalihkan saham treasuri antara lain dijual baik di dalam Bursa Efek maupun di luar Bursa Efek, atau ditarik kembali dengan cara pengurangan modal.

Selanjutnya, pengalihan juga bisa dilakukan melalui pelaksanaan program kepemilikan saham oleh karyawan dan/atau direksi dan dewan komisaris, pelaksanaan konversi Efek bersifat ekuitas; dan/atau cara lain dengan persetujuan OJK.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.