Profil : Kamala Harris yang Gantikan Joe Biden Jadi Ikut Pilpres Amerika Serikat 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA Kamala Harris telah mencatat sejarah sebagai wanita pertama dan wanita kulit hitam dan keturunan Asia (India) pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat.

Dilantik bersama Presiden Joe Biden pada Januari 2021, Harris membawa pengalaman yang luas dalam bidang hukum dan politik ke jabatan tersebut.

Kamala pun dipilih Joe Biden untuk menggantikannya maju di Pilpres Amerika Serikat 2024 untuk melawan Donald Trump. Jika menang, Kamala akan menjadi presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

  • Nama: Kamala Devi Harris
  • Tanggal Lahir : 20 Oktober 1964
  • Tempat Lahir : Oakland California
  • Jabatan : Wakil Presiden Amerika Serikat
  • Instagram : @kamalaharris

Kehidupan Pribadi Kamala Harris

Kamala Devi Harris lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California, dari ayah Jamaika dan ibu India. Ia dibesarkan di lingkungan yang beragam budaya dan memiliki akar yang kuat dalam nilai-nilai keadilan sosial.

Harris lulus dari Sekolah Tinggi Montessori Thousand Oaks dan kemudian menghadiri Universitas Howard, sebuah perguruan tinggi sejarah hitam yang bergengsi di Washington, D.C. Setelah itu, ia meraih gelar hukum dari Universitas California, Hastings College of the Law.

Karir Hukum

Setelah lulus dari sekolah hukum, Harris memulai karirnya sebagai jaksa di Kantor Jaksa Agung Alameda County, California, di mana ia bekerja untuk menangani kasus-kasus kekerasan terhadap anak-anak dan keluarga.

Pada tahun 2003, ia terpilih sebagai Jaksa Distrik San Francisco, menjadikannya wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang memegang jabatan tersebut. Di sana, Harris memperkenalkan program untuk mengurangi tingkat kriminalitas dan memperluas akses ke pendidikan dan pekerjaan.

Pada tahun 2010, Kamala Harris terpilih sebagai Jaksa Agung California, menjadikannya wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama yang memegang jabatan ini. Selama masa jabatannya, ia berjuang untuk keadilan sosial, mengambil sikap tegas terhadap kejahatan korporat, memperkuat hukum perlindungan konsumen, dan melawan penyalahgunaan kekuasaan polisi.

Karir Politik

Pada tahun 2016, Kamala Harris terpilih sebagai Senator Amerika Serikat yang mewakili California, menjadi wanita pertama dan orang kulit berwarna kedua yang mewakili negara bagian ini di Senat. Selama masa jabatannya, ia dikenal karena kepemimpinannya dalam isu-isu seperti reformasi keadilan pidana, imigrasi, perubahan iklim, dan kesehatan.

Kampanye dan Pemilihan 2020

Kamala Harris mengumumkan pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan presiden 2020, tetapi kemudian menarik diri dan mendukung Joe Biden. Setelah kemenangan mereka dalam pemilu, Harris secara historis terpilih sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat ke-49 pada 7 November 2020.

Kamala Harris Gantikan Joe Biden Jadi Calon Presiden AS di Pilpres 2024

Setelah dipilih Joe Biden untuk menggantikan dirinya, ia pun berjanji akan mengerahkan segala kekuatannya untuk mengalahkan Donald Trump dan menghentikan proyek 2025-nya untuk Amerika Serikat.

“Saya akan mengerahkan kekuatan saya untuk menyatukan Partai Demokrat, dan menyatukan negara kita, untuk mengalahkan Donald Trump dan proyek ekstrimnya tahun 2025,” katanya.

“Kita punya 107 hari hingga hari pemilihan, bersama kita berjuang, dan bersama kita akan menang,” lanjutnya.

Jika terpilih nanti, Kamala Harris akan menjadi presiden perempuan pertama Amerika Serikat. Tak hanya presiden perempuan pertama, ia juga akan menjadi presiden perempuan kulit hitam dan Asia pertama Amerika Serikat.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Profil Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik yang Sedang Kunjungi Indonesia

Paus Fransiskus tiba dengan selamat di Jakarta Indonesia pada hari Selasa (3/9) dan disambut dengan hangat di Tanah Air. Kehadiran Paus Fransiskus atau Pope Francis menjadi momen yang penting untuk Indonesia, tak hanya kepada masyarakat beragama Katolik namun juga seluruh masyarakat sebagai simbol kerukunan dalam beragama.

Profil Leani Ratri Oktila, Peraih Emas dan Perak di Paralimpiade Paris 2024

Leani Ratri Oktila telah menorehkan sejarah baru bagi Indonesia dalam ajang Paralimpiade Paris 2024 dengan meraih medali emas perdana.

Profil Baskara Mahendra, Suami Sherina yang Diterpa Isu Keretakan Rumah Tangga

Pernikahan pasangan selebriti Sherina Munaf dan Baskara Mahendra saat ini sedang terkena isu kurang mengenakkan. Sherina yang diduga menghapus foto-foto suaminya membuat netizen curiga dan khawatir dengan pernikahan keduanya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru