Menteri PUPR Sebut Air di IKN Bisa Langsung Diminum dari Keran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, bahwa kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) kini telah teraliri oleh air bersih.

Pria yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) itu bahkan menyebut, bahwa air yang ada di IKN bisa langsung diminum dari keran, karena kualitas airnya yang telah memenuhi standar kesehatan.

“Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN Nusantara langsung dapat diminum,” kata Basuki dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (24/7).

Kendati demikian, Menteri yang akrab disapa Pak Bas ini menyebut bahwa pihaknya masih akan terus melakukan pengecekan terhadap kualitas air di IKN, sebelum masuk ke reservoir.

“Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan,” harap Basuki.

Adapun untuk saat ini, pemerintah tengah melakukan tes pengaliran air (running test ke-3) dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju reservoir induk IKN Nusantara yang berada di titik tertinggi.

Menteri Basuki mengatakan, pengetesan ini sudah dilakukan oleh pihaknya sejak Sabtu (20/7) sampai dengan Senin (22/7) dini hari.

Tes ini, kata dia, merupakan bagian penting dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku untuk melayani kebutuhan air minum di IKN.

Setelah running test pengaliran berhasil, dilanjutkan dengan pengurasan sistem dan jaringan, sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan guna menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku.

Untuk diketahui, SPAM Sepaku sendiri terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter/detik, pipa transimisi 16 km, reservoir dan pipa distribusi 22 km.

SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kemensetneg, Paspampres, kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, Amphiteather, Galeri, Service Area, Hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

10 Ide Kegiatan Malam Minggu yang Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Malam minggu sering kali identik dengan hangout di cafe, nongkrong bersama teman, atau sekadar nonton film.

Petty Hasibuan Ingin Senayan Golf Club Jadi Tempat Favorit Pecinta Golf Tanah Air

Dengan mengusung tema retro, Petty Hasibuan berharap pecinta golf tanah air bisa tetarik untuk mengikuti keanggotaan di Senayan Golf Club dengan menganggap bahwa bermain golf di SGC sangat fun.

KAI Sukses Angkut 45,05 Juta Ton Barang Selama Periode Januari – Agustus 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, di mana KAI mengangkut 45.056.573 ton barang atau meningkat 7% dibanding periode yang sama Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 42.073.513 ton barang. 
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru