BNPB Tetapkan 30 Daerah di Jateng Siaga Kekeringan dan Karhutla

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan sebanyak 30 daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai daerah yang berstatus siaga bencana kekeringan.

Kepala BNPB, Suharyanto menjelaskan bahwa penetapan siaga bencana ini dilakukan, mengingat kondisi di Jateng saat ini sudah masuk musim kemarau.

“Untuk pekan ketiga Juli ke depan untuk Provinsi Jateng curah hujan hanya 50 milimeter sehingga sudah masuk kemarau,” katanya seperti dikutip Holopis.com, Rabu (24/7).

Namun ia memastikan, kemarau pada tahun ini tidak akan separah seperti tahun 2023 lalu yang memang dipengaruhi oleh adanya El Nino.

Meski tahun ini tidak ada El Nino, pihaknya meminta seluruh pihak waspada kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

“BNPB mencatat meskipun di awal tahun sampai pertengahan tahun, bencana di Jateng relatif tidak banyak, relatif aman, jadi kita tetap harus waspada,” katanya.

Sementara lima daerah yang tidak dilanda kekeringan, yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kota Magelang, Kota Tegal, Kota Semarang, dan Kota Pekalongan.

Lainnya atau 30 kabupaten/kota yang tergolong daerah siaga darurat kekeringan dan karhutla itu mendapat bantuan peralatan penanggulangan bencana.

Masing-masing daerah menerima anggaran sebesar Rp 200 juta. Sementara untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng senilai Rp 300 juta.

“Berupa peralatan penanggulangan bencana kekeringan maupun untuk anggaran operasional,” katanya.

Suharyanto menegaskan, bahwa pihaknya akan masif melakukan pendistribsuian air ke daerah yang terdampak kekeringa, termasuk melakukan modifikasi cuaca bila kemarau berlangsung panjang.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cek Prakiraan Cuaca Jateng 7 September 2024, Ada Potensi Turun Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Sabtu 7 September 2024.

Dinas PUPR Jepara Ungkap Progres Perubahan Status Sejumlah Ruas Jadi Jalan Nasional

Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengungkap perkembangan terkait usulan peningkatan status sejumlah ruas jalan di Jepara, dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.

Anggaran Belum Tersedia, Dinas PUPR Jepara Cuma Bisa ‘Nambal’ Lewat Program Klinik Jalan

Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus mengupayakan perbaikan dan peningkatan jalan di berbagai wilayah, meskipun anggaran belum tersedia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru