3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

Berbagai produk untuk mengurangi ketombe pun bertebaran dijual di luaran sana.

Namun, bukan berarti penggunaan bahan alami bisa sering kali menjadi solusi yang efektif dan ramah lingkungan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut adalah tiga bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi ketombe pada rambut.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah lama dikenal karena sifatnya yang melembapkan dan antimikroba, yang dapat membantu mengurangi ketombe serta meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Cara menggunakannya juga udah. Setelah dipanaskan, ratakan di kulit kepala, dan bilas setelah dibiarkan selama 30 menit.

  1. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membantu mengendalikan pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Selain itu, cuka apel juga membantu menghilangkan residu produk rambut dan menjaga pH kulit kepala yang seimbang.

Setelah cuci rambut dengan sampo, Sobat Holopis bisa semprotkan sampuran uka apel dan pijat sebentar. Bilas setelah dibiarkan elama 5 hingga 10 menit.

  1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya tidak hanya melembapkan kulit kepala tetapi juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi ketombe serta menyembuhkan kulit kepala yang iritasi.

Oleskan gel lidah buaya dari daun lidah buaya dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan sampo.

Perawatan rutin dengan bahan-bahan ini tidak hanya membantu mengurangi ketombe tetapi juga meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

Konsistensi dalam penggunaan dan memilih bahan yang cocok dengan kondisi kulit kepala adalah kunci untuk mencapai hasil yang optimal dalam mengatasi masalah ketombe.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

10 Ide Kegiatan Malam Minggu yang Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Malam minggu sering kali identik dengan hangout di cafe, nongkrong bersama teman, atau sekadar nonton film.

Petty Hasibuan Ingin Senayan Golf Club Jadi Tempat Favorit Pecinta Golf Tanah Air

Dengan mengusung tema retro, Petty Hasibuan berharap pecinta golf tanah air bisa tetarik untuk mengikuti keanggotaan di Senayan Golf Club dengan menganggap bahwa bermain golf di SGC sangat fun.

KAI Sukses Angkut 45,05 Juta Ton Barang Selama Periode Januari – Agustus 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, di mana KAI mengangkut 45.056.573 ton barang atau meningkat 7% dibanding periode yang sama Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 42.073.513 ton barang. 
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru