Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024
NewsEkobizAirlangga Klaim Jakarta Sudah Lolos Middle Income Trap

Airlangga Klaim Jakarta Sudah Lolos Middle Income Trap

Menurutnya, Indonesia yang saat ini berpenduduk sekitar 270 juta jiwa dengan pendapatan per kapita sekitar 5 ribu dolar AS, pada tahun 2045 diperkirakan akan memiliki 320 juta penduduk dengan pendapatan per kapita antara 26 ribu hingga 30 ribu dolar AS.

Apabila berhasil lolos dari middle income trap, Indonesia akan menempati posisi keempat terbesar di dunia.

“Sekarang kita menjadi anggota G20 rangkingnya 16, Jerman itu (PDB) 4 triliun (dolar AS), jadi bayangkan kita itu sekitar 9 triliun dolar AS ekonomi. Jadi betul betul Indonesia menjadi empat besar. Tetapi itu ada seratnya. Syaratnya adalah kita harus punya human resort yang kuat,” jelas Airlangga.

Ia menambahkan, beberapa kebijakan strategis pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif dan ramah lingkungan di antaranya merevitalisasi mesin ekonomi konvensional yakni peningkatan produktivitas dan daya saing, penguatan pembangunan infrastruktur, membentuk ketahanan pangan dan kerja sama internasional.

Kedua, mengembangkan mesin ekonomi baru meliputi industrialisasi, hilirisasi, industri petrokimia, industri otomotif, dan semi konduktor. Kemudian ketiga memperkuat ekonomi pancasila seperti perlindungan sosial, pembiayaan ultra mikro lewat KUR, program makan siang bergizi gratis, dan menciptakan lumbung pangan.

“Pemerintah mempunyai perencanaan dalam pengembangan middle income trap ke depan. Pemerintah membuat beberapa strategi kebijakan,” kata Airlangga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.

Panas! Arsjad Rasjid Diusir dari Menara Kadin

Tensi di internal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kini semakin memanas, setelah perhelata Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada Sabtu (14/9).