Warga Kecam Mall di Karawang Pakai Nama Jakarta

HOLOPIS.COM, KARAWANG – Sejumlah aktivis di Karawang berencana menggelar aksi unjuk rasa ke Mal Grand Outlet East Jakarta yang berlokasi di Kawasan Industri KIIC, Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang.

Aksi ini dipicu oleh penggunaan nama “East Jakarta” pada mal tersebut, yang dinilai tidak relevan dan tidak menghargai identitas Karawang.

Ferry Dharmawan, yang dikenal sebagai Jambul Merah (BulMer), seorang aktivis terkemuka di Karawang, turut angkat bicara mengenai isu ini.

Dalam wawancara dengan media, BulMer mengungkapkan rencananya untuk menggelar aksi demo sebagai bentuk protes terhadap penamaan mal tersebut.

“Kami merasa penamaan ini tidak menghargai identitas Karawang. Mal ini beroperasi di Karawang, tapi namanya East Jakarta. Ini seolah-olah merendahkan Karawang,” tegas Jambul Merah kepada Holopis.com, Sabtu (20/07).

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan segera mengirimkan surat pemberitahuan aksi demo ke Polres Karawang sebagai langkah awal persiapan aksi tersebut.

Menurut BulMer, aksi ini tidak hanya sebagai bentuk protes terhadap nama mal, tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemerintah akan pentingnya menjaga identitas dan kebanggaan lokal.

Dia juga mendesak Pemkab Karawang segera menyegel Mal tersebut karena dianggap telah merendahkan Karawang. 

Aksi demo ini akan melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk para aktivis, tokoh masyarakat, dan warga Karawang yang peduli dengan isu ini.

“Kami berharap dengan adanya aksi ini, pihak manajemen mal dapat mempertimbangkan kembali penggunaan nama tersebut dan lebih menghargai identitas Karawang,” pungkas BulMer.

Sebelumnya, Anggota DPRD Karawang dari fraksi PDIP, Pipik Taufik Ismail, juga menyoroti penggunaan nama ini. Pipik menyayangkan dan mempertanyakan alasan di balik pencantuman nama “East Jakarta” pada mal yang berada di Karawang. 

“Grand Outlet East Jakarta. Pertanyaannya, kenapa sih harus cantumkan nama East Jakarta terus? Langsung saja nama Karawang, gausah bawa-bawa East Jakarta, emang East Jakarta bagian dari Karawang?” tulis Pipik dalam sebuah forum di jejaring sosial media WhatsApp pada Sabtu, 20 Juli 2024.

Rencana aksi ini telah mendapat dukungan dari berbagai pihak dan diharapkan dapat berjalan lancar dan damai. Sementara itu, pihak manajemen Mal Grand Outlet East Jakarta belum memberikan tanggapan resmi terkait rencana aksi demo ini.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bekasi Krisis Air Bersih, BPBD Kabupaten Bekasi Diterjunkan

HOLOPIS.COM, BEKASI - memasuki minggu pertama bulan september, sekitar...

Polres Metro Bekasi Bongkar Sindikat Pengoplos Gas Subsidi

Satreskrim Polres Metro Bekasi telah membongkar sindikat pengoplos elpiji subsidi di wilayah Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kejari Karawang Eksekusi Hukuman Koruptor, Terpidana Wajib Bayar Uang Pengganti Rp 14,6 Miliar

Tim Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang telah melaksanakan eksekusi terkait tindak pidana korupsi dalam perkara nomor 31/Pid.Sus-TPK/2024/PN BDG di Pengadilan Negeri Bandung Kelas IA Khusus.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Paus Fransiskus in Indonesia

Berita Terbaru

Terpopuler