Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mencuci dan Menyiapkan Sotong yang Benar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jika dimasak dengan resep yang sesuai, sotong bisa dijadikan masakan yang nikmat dan menggugah selera. Namun, resep yang nikmat tidak akan bisa dinikmati jika sotong tidak dicuci dan disiapkan dengan benar.

Mencuci sotong adalah langkah penting sebelum memasaknya, tidak hanya untuk membersihkan potensi kotoran dan bau yang tidak diinginkan, tetapi juga untuk memastikan tekstur dan rasa yang maksimal saat dimasak.

Ini dia tips cara membersihkan sotong sebelum dimasak.

  1. Pastikan Sotong Segar

Pilih sotong segar dengan tubuh yang utuh dan warna kulit yang cerah. Pastikan tidak ada bau yang tajam atau amis yang mengindikasikan ketidaksegaran.

Siapkan mangkuk atau wadah besar yang berisi air dingin. Idealnya gunakan air dingin bersih untuk proses pencucian.

  1. Mencabut Penyampur dan Memotong

Jika sotong masih utuh dengan kepala dan tentakel, pastikan untuk mencabut semua bagian dalam tubuhnya yang dapat mengandung sisa isi perut atau penyampur. Ini dilakukan dengan memasukkan jari ke dalam tubuh sotong dan menarik bagian tersebut dengan lembut.

Setelah membersihkan bagian dalam, potonglah sotong sesuai kebutuhan. Anda bisa memotongnya menjadi cincin-cincin atau potongan-potongan sesuai resep yang akan Anda buat.

Letakkan sotong yang sudah dipotong ke dalam mangkuk atau wadah yang berisi air dingin. Bilas sotong secara lembut dengan menggunakan air dingin. Pastikan untuk mengganti air jika terlalu keruh atau kotor.

  1. Gosok Sotong dengan Tangan

Jika ada residu atau lapisan lendir pada permukaan sotong, gosoklah dengan lembut menggunakan tangan. Ini membantu menghilangkan kotoran atau zat asing yang mungkin menempel.

Setelah dicuci, tiriskan sotong dengan menggunakan saringan atau selembar kain bersih. Pastikan sotong cukup kering sebelum dimasak.

Setelah membersihkan dan memotong sotong, Soba Holopis sudah siap untuk mengolah sotong segar dan resep nikmat.

Selamat mencoba!

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bukan Private Jet, Paus Fransiskus Gunakan Garuda Indonesia Menuju Papua Nugini

Pimpinan Tertinggi Gereja Katholik Dunia Paus Fransiskus hari ini akan melanjutkan kunjungannya ke sejumlah negara di Asia.

Jokowi Mulai Berpamitan ke Masyarakat Jelang Purna Tugas

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku dirinya telah mulai berpamitan kepada masyarakat Indonesia jelang berakhirnya masa jabatannya.

Paus Fransiskus Lanjutkan Perjalan Apostolik ke Papua Nugini Naik Pesawat Garuda Indonesia

Paus Fransiskus hari ini, Jumat (6/9) bertolak ke Papua Nugini untuk melanjutkan perjalanan Apostoliknya. Ia berangkat menggunakan pesawat komersial milik Garuda Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Paus Fransiskus in Indonesia

Berita Terbaru

Terpopuler