NewsEkobizSri Mulyani Bincang Bareng Presiden Singapura di Akhir Pekan, Ini yang Dibahas

Sri Mulyani Bincang Bareng Presiden Singapura di Akhir Pekan, Ini yang Dibahas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Presiden Singapura, Tharman Shanmugaratnam. Pertemuan itu berlangsung pada akhir pekan, Sabtu (20/7).

Sri Mulyani menyampaikan, bahwa dalam pertemuan itu, ia dan kepala negara itu membahas berbagai hal terkait dengan kondisi ekonomi dan keuangan dunia di tengah situasi geopolitik yang masih bergejolak.

“Sabtu pagi ini saya mendapat kesempatan berharga dan luar biasa untuk dapat bertukar pikiran bersama Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam,” kata Sri Mulyani, seperti dikutip Holopis.com dari unggahan Instagramnya, Sabtu (20/7).

“Privilege mendapat kesempatan yang sangat berharga mendengar pandangan beliau dan bertukar pikiran dan membahas berbagai tantangan ekonomi dan keuangan dunia serta tantangan kerja sama multilateral dunia saat ini dan ke depan dalam situasi geopolitik yang berubah dinamis dan sangat menantang saat ini,” sambungnya.

Sri Mulyani mengaku sangat menghargai waktu dan kesempatan yang diberikan Tharman untuknya. Sebab, permintaan ini sangat bermanfaat bagi Sri Mulyani yang juga diminta menjadi penasihat eksternal untuk konferensi yang diselenggarakan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group (Bank Dunia) sejak awal Juli 2024 kemarin.

“Tukar pikiran ini bermanfaat bagi saya yang saat ini diminta menjadi external advisor untuk proses konsultasi dalam rangka memperingati 80 tahun The United Nations Monetary and Finance Conference (the ‘Bretton Woods Conference’) sejak awal Juli 2024,” jelas Sri Mulyani.

Dalam unggahan yang sama, bendahara negara itu juga membagikan informasi tentang konferensi yang diselenggarakan IMF dan Bank Dunia, dimana konferensi itu bertujuan untuk memperluas pandangan terkait masa depan perekonomian dunia, kerja sama multinasional, dan peran dua lembaga internasional itu kedepan.

“Bank Dunia dan IMF dengan bangga mengumumkan pembentukan kelompok penasihat eksternal untuk membantu memandu pelaksanaannya, yang terdiri dari Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Indonesia; Patrick Achi, mantan Perdana Menteri Pantai Gading; dan Mark Malloch Brown, mantan Wakil Sekretaris Jenderal PBB,” tulis IMF dan Bank Dunia terkait kegiatan konsultasi tersebut dalam bahasa Inggris yang dikutip Sri Mulyani dalam unggahannya.

“Bekerja sama dengan Ajay Banga, Presiden Grup Bank Dunia, dan Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana IMF, para penasihat akan memimpin diskusi dengan para pemangku kepentingan global mengenai bentuk perekonomian dunia 20‒30 tahun dari sekarang, tentang bagaimana multilateralisme dapat terjadi,” sambung IMF dan Bank Dunia.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Paus Fransiskus in Indonesia

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tok! DPR RI Turunkan Pagu Anggaran Kemendag

HOLOPIS.COM, JAKARTA - DPR RI ketok palu Pagu anggaran...

4 Hari Beroperasi, Pameran Mamin di FFA 2024 Sukses Bukukan Penjualan Hingga Miliaran Rupiah

Memasuki hari ke tiga produk makanan dan minuman (mamin) dalam Fine Food Australia (FFA) 2024 berhasil bukukan transaksi mencapai belasan milyar rupiah. 

Kemenkeu Tegaskan Anggaran Subsidi Energi Dipangkas Bukan untuk Pembatasan BBM

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penjelasan terkait pemangkasan anggaran subsidi energi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Subsidi Energi di RAPBN 2025 Sepakat Dipangkas Jadi Rp 203,4 Triliun

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Anggaran DPR telah menyepakati pemangkasan anggaran subsidi energi dalam RAPBN 2025, menjadi sebesar Rp 203,4 triliun.