KAI Siap Prosedur Demi Tutup Celah Aksi Pelecehan Seksual di Commuter Line

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT (KAI) Kereta Api Indonesia (Persero) mengambil sikap tegas atas aksi-aksi pelecehan seksual yang selama ini kerap dilancarkan pelaku di area commuter line.

Melalui salah satu anak usahanya, KAI Commuter, KAI menegaskan bakal mentup rapat celah yang memungkinkan pelaku pelecehan seksual melancarkan aksinya di area commuter line.

“KAI Commuter tidak akan memberikan ruang untuk tindakan pelecehan seksual di Commuter Line,” ujar Vice President of Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (20/7).

Joni menegaskan, bahwa upaya tersebut merupakan bentuk keberpihakan KAI kepada korban pelecehan, yang juga bagian tak terpisahkan dari komitmen KAI dalam memprioritaskan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang wanita.

“KAI menegaskan keberpihakannya kepada korban, dan siap mendampingi dan mendukung penuh bagi (korban) yang ingin melakukan laporan ke kepolisian,” ujar Joni.

Sementara untuk kenyamanan penumpang wanita secara luas, KAI juga menyediakan sejumlah layanan yang dikhususkan untuk perempuan. Salah satunya yakni pengadaan kereta khusus wanita (KKW) sejak 2010 lalu.

“Fasilitas khusus wanita lainnya adalah ruang laktasi yang berada di area stasiun Commuter Line. KAI Commuter saat ini memiliki sebanyak 27 ruang laktasi di stasiun-stasiun besar yang ada di wilayah Jabodetabek,” ujar Joni.

Di stasiun-stasiun lain yang belum memiliki ruang laktasi, dikatakan Joni, para pengguna yang akan menyusui anaknya atau sekadar melakukan pompa (pumping) ASI tidak perlu khawatir, karena bisa dilakukan di ruang kantor yang ada di area stasiun.

“Pengguna bisa langsung menghubungi petugas untuk meminjam tempat jika ingin menyusui anaknya atau melakukan pumping ASI di area stasiun,” ujar Joni.

Selain kepada pengguna dari kalangan ibu menyusui, ibu hamil yang menggunakan Commuter Line juga diberikan layanan khusus dari KAI Commuter.

Dengan layanan Pin Ibu Hamil, KAI Commuter memberikan prioritas dan pelayanan khusus selama berada di dalam perjalanan dan area stasiun dengan terlebih dahulu mendaftar secara daring pada tautan http://bit.ly/30DZ20k untuk pengguna wilayah Jabodetabek dan tautan http://bit.ly/3rRIIGE untuk pengguna di wilayah Yogyakarta dan Solo.

Selain itu KAI Commuter juga mendukung kesetaraan gender dengan menugaskan petugas pengamanan atau sekuriti wanita.

“Saat ini KAI Commuter mempekerjakan wanita sebagai petugas keamanan di lingkungan stasiun dan kantor,” ujar Joni.

Dengan keberadaan para petugas sekuriti wanita ini diharapkan bisa memberikan rasa nyaman bagi pengguna dari kaum hawa saat berinteraksi, dalam situasi yang memerlukan bantuan atau bimbingan. Di samping juga agar bisa menjadi sumber terpercaya bagi perempuan yang mengalami situasi berbahaya.

“Semua inovasi dan layanan yang diberikan kepada pengguna wanita ini merupakan komitmen KAI Commuter untuk selalu lebih baik lagi dalam melayani seluruh penggunanya,” ujar Joni.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tutup PKP 2024, Kabadiklat Kemhan : Pemimpin Era Sekarang Harus Inovatif dan Berintegritas

Kabadiklat Kementerian Pertahanan (Kemhan), Mayjen TNI Zainul Arifin secara Resmi menutup Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) TA. 2024 di Jakarta, pada Rabu 4 September 2024.

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 6 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 6 September 2024.

Ditjen Hubdat Siapkan 847 Unit Bus untuk PON XXI di Aceh dan Sumut

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dalam rangka turut serta mendukung dan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Paus Fransiskus in Indonesia

Berita Terbaru

Terpopuler