Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Jokowi Dituduh Gak Demokratis : Sudah Kenyang Dimaki dan Bully

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku heran dengan klaim sebuah lembaga internasional yang menyebut adanya penurunan indeks kualitas demokrasi di Indonesia.

Jokowi mengklaim bahwa pelaksanaan demokrasi di Indonesia selama dirinya memimpin dua periode berjalan dengan baik. Pemilu pun menjadi acuan Jokowi bahwa kualitas demokrasi di Indonesia berjalan dengan lancar.

“Ya demokrasi kita Pemilu berjalan dengan baik, pemilu berjalan dengan demokratis,” kata Jokowi dalam pernyataannya Jumat (19/7) malam yang dikutip Holopis.com.

Selain itu, maraknya aksi demonstrasi di Indonesia yang dibiarkan oleh pemerintah seharusnya juga menjadi acuan bahwa pelaksanaan demokrasi di Indonesia tetap berjalan.

“Orang mau berserikat, berpendapat, ingin berorganisasi semuanya gak ada yang dihambat,” ucapnya.

Jokowi pun menambahkan, dirinya tidak pernah menjadi sosok yang anti kritik. Hal itu terlihat dari sejumlah makian dan perundungan yang kerap diterimanya hampir setiap hari dari masyarakat.

“Tiap hari orang mau maki-maki presiden juga kita denger. Orang ngebully presiden juga kita denger. Kalau ngekritik hampir tiap detik ada pasti,” tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah lembaga internasional, menyampaikan terdapat penurunan kualitas demokrasi di Indonesia sejak kepemimpinan Jokowi.

Freedom House menyebut indeks demokrasi Indonesia turun dari 62 poin ke 53 poin pada 2019-2023. Sementara lembaga Reporters Without Borders (RSF) mengungkap penurunan kualitas kebebasan pers Indonesia dari 63,23 poin pada 2019 ke 54,83 poin pada 2023.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dasco : Kader Gerindra yang Masuk Kabinet Cuma Sedikit

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa komposisi kabinet Prabowo-Gibran saat ini sudah mulai terbentuk.

Pesan Nawawi ke Pimpinan KPK Mendatang : Berintegritas dan Bukan Perwakilan Pemerintah

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango berharap agar pimpinan lembaga anti rasuah mendatang bisa memiliki perbedaan dengan sebelumnya.

Istana Tegaskan Koordinasi Pemerintah dengan KPK Berjalan Baik

Pihak Istana membantah pernyataan Nawawi Pomolango terkait susahnya untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru