Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Direktur Jardin Traco Utama Jadi Tersangka, Kejagung Beri Sinyal Jerat Pihak Korporasi

Djudju Tanuwidjaja selaku Direktur Utama PT Jardin Traco Utama diketahui pada April 2015 sempat duduk di kursi pesakitan atas kasus Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Kalbar. Dalam kasus itu, Djudju Tanuwidjaja disebut sebagai pemodal dan penampung hasil PETI.

Sementara itu pemilik toko emas yang pernah diperiksa, antara lain LGH Pemilik Toko Emas Kaliem, Melawai, SS diduga Sandra Sunanto (Dirut PT. Hartadinata Abadi, Tbk) dan HMT diduga Hendro Tanjaya (Direktur PT. Suka Jadi Logam).

Kemudian, FTM selaku Pemilik Toko Sinar Fajar Jewelry dan EEL (Pemilik Toko Aneka Logam), Pemilik Toko Emas Jaya Abadi inisial YSE, ACN (Pemilik Toko Emas) dan pemilik toko emas lainnya, HKT dan JT (Direktur TM Cahaya Matahari.

Demi kepentingan penyidikan, ke-7 tersangka dilakukan penahanan. Khusus, 5 tersangka atas nama LE, SJ, JT, XT dan HKT dilakukan status tahanan kota karena sakit.

“Dua tersangka yang dilakukan penahanan rutan adalah SL dan GAR. Mereka ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung,” jelas Harli.

Ketujuh tersangka dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 Jo. Pasal 18 UU Tipikor. Ancaman pidana seumur hidup dan atau paling lama 20 tahun penjara.

Dengan penetapan 7 tersangka baru ini, maka perkara tata kelola komoditi emas, 2010 – 2021 sudah 13 orang. Sebelum ini, akhir Mei 2024 sudah ditetapkan 6 tersangka.

Namun dari 13 tersangka yang ditetapkan belum seorang pun yang terindikasi sebagai aktor intelektual atau selevel Direktur Antam.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tuding Munaslub Ilegal, Kadin Kubu Arsjad Bakal Tempuh Jalur Hukum

Ketua Kadin Indonesia periode 2023-2026, Arsjad Rasjid angkat bicara terkait Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di St Regist, Jakarta, pada Sabtu (14/9) kemarin.

Pramono Anung Sesumbar Jokowi Bakal Turuti Permintaannya

Pramono Anung menanggapi perihal surat pengunduran dirinya sebagai Sekertaris Kabinet yang saat ini belum juga ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Haidar Alwi Harap PDIP Tak Gabung KIM Plus di Tengah Wacana Pertemuan Prabowo-Megawati

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru