NewsRagamHelikopter Jatuh di Bali, Diduga Karena Tersangkut Tali Layangan

Helikopter Jatuh di Bali, Diduga Karena Tersangkut Tali Layangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerhati penerbangan, Alvin Lie ikut angkat bicara terkait insiden jatuhnya helikopter PK-WSP bertipe Beli 505 yang diketahui terjatuh di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, pada Jumat (19/7).

Dia pun membeberkan penyebab kecelakaan helikopter yang terjadi pada sore tadi. Ia menduga, penyebab kecelakaan adalah tali layangan yang melilit baling-baling tersebut.

“Kecelakaan helikopter di Bali sore ini jam 15:33 WITA. Registrasi PK-WSP, type Bell 505. Pemicunya baling-baling terlilit tali layangan,” kata Alvin dalam cuitan di akun X pribadinya @alvinlie21, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (19/7).

Adapun dugaan tersebut disampaikannya karena adanya temuan tali layangan yang menyangkut di pangkal baling-baling helikopter yang terjatuh itu.

Oleh karena itu, dia meminta para penerbang layangan untuk tidak menerbangkan layangan dengan ketinggian. Terlebih jika lokasinya berada di dekat bandara maupun perlintasan pesawat.

“Mohon penerbang layangan tidak menerbangkan layangannya terlalu tinggi. Terutama di kawasan dekat bandara dan lintasan pesawat/ helikopter,” pintanya.

Sementara itu, Humas Badan SAR Nasional (Basarnas), Albert Wenno menyampaikan, bahwa helikopter tersebut terjatuh tak lama setelah lepas landas dari helipad di kawasan Garuda Wisnu Kencana, pada 14.33 WITA.

Menurut Albert, helikopter tersebut terjatuh Suluban, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali pada sore hari, yakni sekitar pukul 14.37 WITA.

Namun, kantor pencarian dan pertolongan Denpasar baru memperoleh informasi jatuhnya helikopter tersebut pada pukul 15.25 WITA.

“Berdasarkan informasi awal heli membawa 5 orang termasuk pilot dan crew. Seluruh korban bisa terevakuasi dalam kondisi selamat,” tambahnya.

Dia pun memerinci, korban yang selamat itu di antaranya yakni Pilot Dedi Kurnia, Kru Helikopter Oki dan tiga penumpang bernama Russel James Harris; Eloira Decti Paskilah; dan Chriestope Pierre Marrot Castellat.

“Tiga penumpang dibawa ke RS Siloam dengan menggunakan ambulance,” pungkasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Paus Fransiskus in Indonesia

Berita Terbaru

Terpopuler

berita Lainnya
Related

Ratusan Rumah Warga di Kabupaten Parigi Moutong Terendam Banjir

Bencana banjir merendam pemukiman warga yang ada di Desa Suasu Piore, Kecamatan Suasu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Sejarah Gedung Kedubes Vatikan di Indonesia, Tempat Paus Fransiskus Menginap

Paus Fransiskus atau Pope Francis, yang merupakan pemimpin Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan akhirnya mendarat di Jakarta Indonesia dengan selamat.

Maung MV3 yang Bakal Digunakan Paus Fransiskus Sudah Disiapkan Sejak Mei 2024

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus dipastikan akan menjajal kendaraan Maung buatan PT Pindad saat menyapa umat pada misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Paus Fransiskus Pakai Jam Tangan Casio, Harganya Cuma Segini!

Paus Fransiskus atau Pope Francis sampai di Indonesia dengan selamat pada hari ini, Selasa (3/9). Sebagai sosok pemimpin Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, dikenal sebagai sosok yang down to earth.