NewsRagamForum Zakat Ungkap Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Forum Zakat Ungkap Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman menabuh gendang tanda dimulainya Musyawarah Nasional ke 10 Forum Zakat (Munas FOZ) selama tiga hari kedepan di Padang, Sumbar, pada Rabu (17/7).

Sebanyak 268 lembaga zakat se-Indonesia mengikuti Munas FOZ dengan tema “Gerakan Zakat Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Pada pembukaan agenda tersebut, Ketua Forum Zakat, Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh. Tantangan pertama, tata kelola kelembagaan. Kompetensi setiap amil, kapasitas setiap lembaga akan selalu dituntut oleh semua pihak.

“Karena zakat sesungguhnya adalah bisnis ‎kepercayaan. Dan kita harus memastikan kalau tidak ada yang tercederai dalam kepercayaan tersebut, ketika telah dimandatkan atau diamanahkan ke lembaga kita,” ujar Bambang Suherman dalam keterangannya yang diterima Holopis.com di Jakarta, Kamis (19/7).

Maka, kerja forum zakat adalah untuk meningkatkan kapasitas setiap amil membangun kekuatan setiap lembaga, mensertifikasi, mengakreditasi, dan memastikan lembaga berjalan di koridor regulasi yang diatur dalam negara Republik Indonesia menjadi satu keniscayaan untuk selalu ditingkatkan.

“Ini akan terus menjadi komitmen kita menghadirkan sekolah amil, memunculkan serikat amil dan membangun kolaborasi kuat dengan banyak pihak,” ungkap Bambang menegaskan.

Tantangan kedua, mewujudkan peran‎ fungsi signifikan dari lembaga zakat dalam bentuk program yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sebab tujuan zakat tidak hanya sebatas persoalan kemiskinan namun lebih dari itu zakat merupakan upaya menyelesaikan masalah kehidupan.

“Jangan sampai cara mengelola zakat kita buruk dan program yang kita jalankan sama sekali tidak bertemu dengan permasalahan yang dimandatkan syariah,” ujarnya.

Terakhir, Forum Zakat melihat pengelolaan sumber daya menjadi tantangan zakat di masa depan. Sebab, selama ini isu zakat di Indonesia selalu dihadapkan dengan cara menghitung potensi dengan realitas zakat yang sedang dijalankan.

Disela-sela kehadirannya dalam agenda Munas ke 10 FOZ, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada Ketua Munas ke FOZ yang telah memilih Sumatera Barat untuk lokasi agenda ini.

“Sebuah apresiasi bagi Sumbar yang telah dipilih menjadi tempat lokasi munas. Banyak potensi zakat yang belum teroptimalkan di berbagai sektor. Ragam sektor yang dapat kita optimalkan di wilayah Sumatera Barat mulai dari bidang pertanian, peternakan tetap berjalan,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag), Wahyono Abdul Ghofur mengingatkan setiap badan maupun lembaga zakat di Indonesia agar tidak melakukan penyelewengan anggaran yang menjadi hak para mustahik atau penerima zakat.

“Zakat ini adalah amanat umat dan haknya para mustahik. Artinya, dana ini tidak boleh digunakan selain yang disebutkan dalam Al Quran,” ujar Waryono.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru

Terpopuler

berita Lainnya
Related

Khasiat Asinan Mangga, Tak Cuma Bikin Nagih Ternyata Sehat

Siapa di sini yang suka nyemil asinan mangga? Camilan ini adalah salah satu makanan yang menggugah selera dan sering dinikmati sebagai camilan atau pelengkap hidangan.

3 Tips Melindungi Diri dari Panas Terik Matahari saat Bekerja di Luar Ruangan

Bekerja di luar ruangan di bawah terik matahari bisa menjadi tantangan besar bagi kesehatan dan kenyamanan.

4 Kebiasaan Buruk Kecantikan yang Bisa Berpengaruh Terhadap Perubahan Iklim

Dalam upaya untuk mencapai penampilan yang diinginkan, banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan kecantikan yang mereka lakukan dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan dan berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Paus Fransiskus Bakal Jajal Kendaraan Maung Buatan Pindad

Panitia kedatangan Paus Fransiskus mengungkapkan sejumlah kendaraan yang akan digunakan oleh Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus itu saat berada di Tanah Air.