NewsEkobizFix! Harga MinyaKita Naik Jadi Rp 15.700 per Liter

Fix! Harga MinyaKita Naik Jadi Rp 15.700 per Liter

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal resmi menaikan Harga Eceren Tertinggi (HET) MinyaKita, dari yang sebelumnya berada di angka Rp 14.000 per liter menjadi Rp 15.700 per liter.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim menjelaskan, kenaikan HET minyak goreng kemasan sederhana milik pemerintah itu baru akan berlaku di tingkat konsumen mulai pekan depan, lantaran peraturan yang mengaturnya masih belum diundangkan.

“Sebenarnya Rp 15.700 kan Permendagnya (Peraturan Menteri Perdagangan) sudah dibahas dan sudah selesai pembahasan. Mudah-mudahan dalam minggu depan ini (implementasinya), tinggal nunggu pengundangan,” ujar Isy Karim, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (19/7).

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menjelaskan alasan atau yang menjadi pertimbangan HET MinyaKita dinaikkan adalah nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang melemah.

Selain itu, hampir semua jenis bahan pokok juga mengalami kenaikan harga. Namun di sisi lain, pemerintah enggan untuk menaikan HET MinyaKita terlalu mahal.

“Sehingga karena ada hitung-hitungnya melalui BPKP Rp 15.500 tapi dollar naik jadi jalan tengahnya adalah Rp 15.700 per liter,” ungkap menteri yang akrab disapa Zulhas tersebut.

Adapun pemerintah sebelumnya telah memberikan sinyal kenaikan harga MinyaKita sebesar Rp1.500 menjadi Rp15.500, dari yang semula Rp14.000 per liter.

Menurut Zulhas, kenaikan itu disebabkan harga minyak goreng rakyat itu harus menyesuaikan nilai tukar rupiah yang sudah merosot hingga Rp16.344 per dolar AS.

Pada Rabu, 6 Juli 2022, pemerintah Indonesia meluncurkan program terbaru mereka untuk mengatasi permasalahan seputar harga dan kelangkaan minyak goreng, yakni MinyaKita.

Program ini memperkenalkan sebuah produk minyak goreng yang dijanjikan memiliki harga yang terjangkau untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan ekonomi terkini.

Produk MinyaKita akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia dengan HET Rp14.000/liter. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan masyarakat dalam membeli minyak goreng dengan harga terjangkau.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Luhut Pastikan Sepeda Motor Tak Kena Pembatasan BBM Pertalite

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pengguna motor masih bisa membeli Pertalite setelah pembatasan pembelian BBM subsidi resmi berlaku.

Akhir Pekan, Harga Bahan Pangan Ramai-ramai Naik

Sejumlah harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional terpantau menunjukkan adanya kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Transaksi Bursa Karbon per Agustus 2024 Capai Rp 37,05 Miliar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan perkembangan terbaru mengenai bursa karbon, sejak resmi diluncurkan pada 26 September 2023 lalu.

Cadangan Devisa Indonesia Pecahkan Rekor Tertinggi

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2024 meningkat menjadi USD 150,2 miliar, dari yang sebelumnya per Juli 2024 sebesar USD 145,4 miliar.