DaerahKalimantanAsik Gali Tanah, Eh Warga di Balikpapan Malah Temukan Mortir Bekas Perang...

Asik Gali Tanah, Eh Warga di Balikpapan Malah Temukan Mortir Bekas Perang Dunia

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Tim Jibom Den Gegana SatBrimob Polda Kaltim, mengevakuasi bahan peledak jenis Mortir yang ditemukan oleh warga RT 50, kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu (13/7) lalu.

Tandi yang tengah beraktivitas menggali tanah menggunakan excavator di perumahan trans manggar. Awalnya ia mengira itu hanya bongkahan besi biasa bekas bangunan, namun setelah di keluarkan dari dalam tanah benda itu terlihat seperti mortir. Menyadari potensi bahaya segera pria 38 tahun itu melaporkan ke ketua RT dan melaporkan temuan tadi ke Polsek Timur.

Selanjutnya Bhabinkamtibmas dan personil Polsek Timur mendatangi dan mengamankan tempat kejadian perkara serta berkordinasi dengan ketua RT yang melaporkan kejadian tersebut kepada Piket Call Center Gegana Brimob Polda Kaltim. Sebelum tim jibom datang sudah di lakukan pemasangan police line, agar masyarakat tidak mendekat ke TKP di karenakan barang sisa perang dunia ini tergolong bahan berbahaya.

“Memang Balikpapan ini menjadi salah satu tempat jajahan jepang, di karenakan minyak bumi yang berlimpah, oleh sebab itu banyak sisa sisa Mortir dan amunisi peninggalan jepang. Mortir yang di temukan akan langsung di musnahkan agar tidak membahayakan sekitar, karena mortir ini dalam keadaan aktif,” tutur Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifay saat dihubungi Holopis.com melalui pesan instant, Kamis (18/7).

Tim Jibom Satbrimobda Polda Kaltim dipimpin oleh Bripka Yunus selaku Dantim Subden Jibom beserta 4 orang anggota berangkat menuju tempat kejadian untuk mengamankan barang temuan mortir tersebut dan selanjutnya akan di evakuasi ketempat yang lebih aman.

Adapun bahan peledak jenis mortir yg di evakuasi sebanyak 1 buah dengan ukuran dengan panjang 17 cm dan diameter 6 cm. Mortir yang ditemukan ini diduga merupakan sisa dari latihan militer yg sudah bertahun – tahun tertimbun didalam tanah.

Selanjutnya bahan peledak jenis mortir ini dibawa ke tempat yang aman oleh tim Jibom untuk di lakukan pemusnahan.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

Berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

PDIP Usung Rendi Susiswo-Edy Tarmo di Pilkada Balikpapan 2024

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Partai PDIP resmi mengusung Rendi Susiswo...

Sempat Ricuh, GERAM Ajukan 12 Tuntutan ke OIKN

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Puluhan mahasiswa dan warga kota Balikpapan...

Begini Persiapan Pasukan Upacara HUT RI Perdana di IKN

Sebanyak 100 orang personil gabungan Polda Kalimantan Timur melaksanakan latihan untuk persiapan pasukan 17 – Agustus – 2024 mendatang, yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia...