PilkadaPilkada JatengPilkada Jawa Tengah Masih Dinamis Meski Banyak Nama Mencuat

Pilkada Jawa Tengah Masih Dinamis Meski Banyak Nama Mencuat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelaksanaan Pilkada Serentak termasuk wilayah Jawa Tengah saat ini tengah diramaikan dengan sejumlah nama yang diperkirakan akan bertarung dalam bursa pemilihan.

Nama-nama calon gubernur Jawa Tengah yang sudah muncul antara lain Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi, dan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono hingga Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai, saat ini konstelasi politik di Jawa Tengah masih sangat dinamis. Dosen Universitas Al-Azhar ini menambahkan jika segala kemungkinan ke depan sangat terbuka.

“Jadi saya melihat konstelasi politik di Jateng masih dinamis. Masih cair, masih akan terbuka segala kemungkinan ke depan. Karena saat ini nama-nama memang sudah muncul tapi belum ada kepastian siapa yang akan didukung dari partai mana. Semua akan menunggu ketika pendaftaran nanti di 27 hingga 29 Agustus akan terlihat jelas,” kata Ujang dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (17/7).

Jawa Tengah, lanjut Ujang, menjadi wilayah strategis. Untuk itu ada sejumlah faktor yang memengaruhi tingkat keterpilihan tinggi dalam Pilkada 2024 yang akan digelar serentak pada November mendatang.

“Paling tidak harus dilihat dari 4 variabel. Pertama popularitas, elektabilitas, isi tas (uang atau logistik) atau akseptabilitas penerimaan dari warga Jateng,” jelas Ujang.

Jadi, tambah Ujang, siapa di antara tokoh-tokoh tersebut memiliki popularitas, elektabilitas tinggi, logistik, akseptabilitasnya tinggi mereka yang punya potensi menang.

“Maka harus ada ukurannya. Ukurannya ya 4 faktor ini paling tidak, meski banyak faktor lainnya. Ini menjadi cara sederhana untuk melihat siapa yang unggul siapa yang punya potensi menang. Saat ini semuanya masih punya potensi menang,” sambungnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Ahmad Luthfi Wanti-wanti Eks Panglima TNI Untuk Bersaing Sehat di Pilkada Jateng

Komjen Pol Ahmad Luthfi menanggapi keputusan PDIP untuk mengusung nama Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi untuk maju di Pilkada Jawa Tengah 2024.

Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi Bakal Daftar ke KPUD Jawa Tengah Besok

Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah, Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa berencana mencalonkan diri sebagai pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah ke KPUD Jawa Tengah bersama dengan Hendrar Prihadi.

Perang Bintang di Pilkada Jateng, PDIP Tunjuk Andika Perkasa Demi Lawan Ahmad Luthfi

PDIP secara resmi memutuskan untuk mendukung kader mereka sendiri, yakni Jenderal (Purn) Andika Perkasa untuk maju di Pilkada Jawa Tengah 2024.

PSI Titip Tugas Berat Kepemimpinan Jateng di Pundak Luthfi dan Gus Yasin

HOLOPIS.COM, JAWA TENGAH - DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI)...