NewsRagamEmpat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

HOLOPIS.COM, SULSEL – Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, banjir melanda beberapa wilayah akibat curah hujan tinggi yang terus menerus sejak Senin (15/7).

“Sungai-sungai utama seperti Sungai Baliase di Kecamatan Mappideceng, Sungai Lampuawa dan Sungai Masapi di Kecamatan Sukamaju, serta Sungai Kanjiro dan Patila di Kecamatan Bone-bone, meluap dan menyebabkan genangan air yang mencapai tinggi 60 hingga 70 cm di beberapa titik pemukiman,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (17/7).

Wilayah terdampak banjir meliputi Desa Uraso di Kecamatan Mappideceng. Kelurahan Bone-bone, Desa Patila dan Patoloan di Kecamatan Bone-Bone. Desa Bungadidi di Kecamatan Tana Lili dan Kecamatan Sukamaju.

Abdul juga mengatakan, korban jiwa masih dalam proses pendataan termasuk kerugian materiil mencakup kerusakan rumah, fasilitas umum, dan fasilitas pendidikan.

Langkah-langkah mitigasi dan bantuan darurat terus dikoordinasikan untuk memastikan kebutuhan mendesak seperti tempat penampungan, makanan, dan perlengkapan lainnya tersedia bagi para pengungsi.

Petugas gabungan pun masih berupaya melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak dalam banjir. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan perahu karet.

“Meskipun hujan telah reda menjadi gerimis, genangan air masih tetap ada dan menghambat aktivitas sehari-hari masyarakat,” imbuhnya.

Jalan-jalan utama termasuk bagian dari jalan Nasional yang merupakan jalur vital Trans Sulawesi juga terdampak, menyulitkan aksesibilitas dan mobilitas warga.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

UPDATE : Jumlah Korban Banjir Bandang Kota Ternate Terus Bertambah, 18 Meninggal Dunia

Petugas gabungan berhasil mengevakuasi korban banjir bandang di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, yang sempat dilaporkan hilangs sejak Minggu (25/8).

Lokasi SIM Keliling Hari Selasa 27 Agustus di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Selasa 27 Agustus 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Jokowi Gelontorkan Rp 38 Miliar Demi Tepati Janji ke Ibu-Ibu

Presiden Jokowi (Joko Widodo) meresmikan Pasar Pasir Gintung yang telah direvitalisasi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

BNPB : Sejumlah Rumah Warga di Gunung Kidul Rusak Pasca Diterjang Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5.8 mengguncang wilayah Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Senin (26/8) sekira pukul 19.57 WIB.