NewsRagamJaga Kesehatan, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Lembur

Jaga Kesehatan, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Lembur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat pekerjaan menumpuk tau sedang mengejar banyak bayaran bonus demi mendapatkan barang impian, terlalu sering bekerja lembur tanpa memikirkan Waktu untuk beristirahat akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi Kesehatan.

Apalagi jika lembur dilakukan setiap malam tanpa adanya Waktu jeda. Tak hanya mengganggu kesehatan, kebiasaan buruk tersebut juga bisa mengganggu kesejahteraan hidup.

Berikut dampak buruk yang bisa Sobat Holopis rasakan jika terlalu sering lembur.

1. Gangguan Keseimbangan Hidup

Lembur berlebihan cenderung mengganggu keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Waktu yang seharusnya dihabiskan untuk istirahat, keluarga, atau aktivitas sosial dapat terabaikan. Ini dapat menyebabkan stres, ketegangan dalam hubungan pribadi, dan penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.

2. Kesehatan Fisik dan Mental yang Terpengaruh

Penelitian menunjukkan bahwa lembur yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti kelelahan kronis, gangguan tidur, dan bahkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tekanan psikologis dari bekerja terlalu banyak dapat menyebabkan stres dan kelelahan mental yang berkepanjangan.

3. Penurunan Produktivitas Jangka Panjang

Ironisnya, meskipun tujuan lembur mungkin untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, terlalu banyak lembur sebenarnya dapat mengurangi produktivitas jangka panjang. Karyawan yang lelah cenderung membuat lebih banyak kesalahan dan mengalami penurunan konsentrasi, yang pada akhirnya dapat memperlambat kemajuan pekerjaan.

4. Peningkatan Risiko Cedera dan Kecelakaan

Kelelahan yang disebabkan oleh lembur yang berlebihan juga meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja. Karyawan yang tidak cukup istirahat memiliki reaksi yang lebih lambat dan kognisi yang menurun, yang dapat berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

So, tidur dan istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat bugar, sekaligus sistem kekebalan tubuh akan terus terjaga, sebab sel rutin melakukan regenerasi. Maka dari itu, jangan abaikan istirahat ya, Sobat Holopis.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

RESEP : Tumis Cumi Tinta Hitam, Menu Unik Bikin Tambah Nasi Terus

Tumis cumi tinta hitam adalah salah satu menu makanan yang unik dan memiliki cita rasa yang khas.

Heboh Bau Ketiak, Ini 4 Cara Alami Mengatasinya

Istilah ‘bau ketiak’ saat ini sedang viral di media sosial karena salah satu public figure yang diduga memiliki wangi tubuh yang tidak enak.

Jangan Sepele, Ini 4 Alasan Mengapa Bau Ketiak Menghampiri

Netizen saat ini sedang heboh membahas bau ketiak. Meskipun memalukan, namun ini adalah masalah umum yang dialami banyak orang, dan sering kali bisa menjadi sumber ketidaknyamanan atau rasa malu.

Ini Kata Shania soal Heboh Erina Gudono Bau Ketek

Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep saat ini sedang menjadi pembicaraan hangat netizen karena mengundang emosi masyarakat Indonesia. Erina dinilai tone-deaf karena unggahannya tentang makan roti seharga 400 ribu rupiah.