Punya Asam Lambung? Ini 4 Alasan Harus Hindari Makanan Pedas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbagai makanan tradisional Indonesia memang dipenuhi dengan makanan-makanan pedas yang menggungah selera. Karena itulah, mengonsumsi masakan pedas biasanya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia.

Belum nikmat rasanya jika sebuah menu belum tersentuh dengan pedasnya cabai. Namun meskipun nikmat dan bikin ketagihan, terlalu sering mengonsumsi masakan terlalu pedas bisa menjadi masalah serius bagi orang yang memiliki masalah dengan asam lambung.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mereka sebaiknya menghindari makanan yang terlalu pedas.

  1. Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Makanan pedas, seperti cabai, dapat merangsang produksi asam lambung. Bagi orang yang sudah memiliki gangguan asam lambung, seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), peningkatan asam lambung dapat memperburuk gejala seperti nyeri dada, sensasi terbakar di dada, atau regurgitasi asam.

  1. Iritasi pada Lapisan Lambung

Rangsangan yang disebabkan oleh makanan pedas dapat mengiritasi lapisan lambung yang sudah sensitif akibat asam lambung berlebih. Hal ini bisa menyebabkan peradangan lebih lanjut dan memperburuk kondisi gastritis atau tukak lambung.

  1. Meningkatkan Risiko Refluks Asam

Konsumsi makanan pedas dapat membuat katup antara kerongkongan dan lambung (sfingter esofagus bawah) menjadi lebih longgar atau lemah. Ini dapat meningkatkan risiko refluks asam, di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti mulas, batuk, atau suara serak.

  1. Peningkatan Gejala Tidak Nyaman

Orang dengan asam lambung yang sudah sensitif mungkin mengalami gejala seperti perut kembung, nyeri perut, atau perasaan terbakar yang lebih parah setelah mengonsumsi makanan pedas. Ini bisa mengganggu kenyamanan sehari-hari dan mempengaruhi kualitas hidup mereka.

Mengingat dampak negatif yang bisa ditimbulkan, penting bagi Sobat Holopis dengan masalah asam lambung untuk membatasi atau menghindari makanan yang terlalu pedas.

Memilih alternatif makanan yang lebih lembut dan tidak pedas dapat membantu mengurangi gejala dan menjaga kesehatan lambung mereka.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

10 Ide Kegiatan Malam Minggu yang Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Malam minggu sering kali identik dengan hangout di cafe, nongkrong bersama teman, atau sekadar nonton film.

Petty Hasibuan Ingin Senayan Golf Club Jadi Tempat Favorit Pecinta Golf Tanah Air

Dengan mengusung tema retro, Petty Hasibuan berharap pecinta golf tanah air bisa tetarik untuk mengikuti keanggotaan di Senayan Golf Club dengan menganggap bahwa bermain golf di SGC sangat fun.

KAI Sukses Angkut 45,05 Juta Ton Barang Selama Periode Januari – Agustus 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, di mana KAI mengangkut 45.056.573 ton barang atau meningkat 7% dibanding periode yang sama Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 42.073.513 ton barang. 
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru