NewsHajiKemenag Lepas Tangan soal Slot Time Penerbangan Haji 2024

Kemenag Lepas Tangan soal Slot Time Penerbangan Haji 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab memastikan, bahwa pengurusan slot time penerbangan jemaah haji bukan menjadi tanggung jawab pihaknya, melainkan kewajiban maskapai.

Saiful menegaskan, bahwa proses tata kelola dari slot time dilakukan antara masing-masing maskapai dengan otoritas penerbangan di Arab Saudi.

“Salah kalau dikatakan Kemenag yang urus slot time. Otoritas yang memberikan slot time penerbangan adalah otoritas penerbangan Saudi atau GACA,” tegas Saiful Mujab dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (15/7).

“Kewenangan yang mengajukan slot time adalah Airlines, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines. Jadi kalau ada slot time yang tidak bisa diperoleh, itu ya kegagalan maskapai penerbangan,” imbuhnya.

Saiful kembali menegaskan, bahwa Kemenag tidak memiliki wewenang untuk mengajukan slot time. Karenanya, urusan slot time masuk dalam item kontrak berdarsakan skema pemberangkatan yang harus dipenuhi maskapai.

Kemenag, lanjut Saiful, memang pernah menghadiri rapat dengan GACA untuk membahas perihal pengajuan slot time. Namun GACA, kata dia, meminta maskapai yang mengajukan slot time sesuai dengan kebutuhan Kemenag.

“Kita sudah menyerahkan jadwal penerbangan jemaah sejak awal Januari 2024 dengan tujuan agar maskapai segera mengajukan slot time ke pihak GACA. Tapi entah kenapa, Garuda tidak segera koordinasi dengan GACA. Sedangkan Saudia Airlines bergegas mengajukan sehingga mendapat slot time,” papar Saiful Mujab.

Dia mengatakan, bahwa pada penyelenggaraan haji tahun ini, Saudia bisa memenuhi jadwal sesuai dengan keinginan Kemenag karena memang sudah mengajukan slot time lebih awal ke GACA.

Sementara Garuda yang terlambat mengajukan slot time karena terlambat dalam pengadaan pesawat, tidak dapat memenuhi jadwal penerbangan yang sesuai dengan keinginan Kemenag.

“Karena slot time ini berebut dengan Airlines dari semua negara pengirim jemaah haji, maka Garuda tidak kebagian slot time yang dibutuhkan untuk membawa jemaah haji sesuai kontrak penerbangan,” tandasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...

Ada 45 Jemaah Haji Indonesia Dirawat di RS Arab Saudi

HOLOPIS.COM, ARAB SAUDI - Operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445...

Pemulangan Jemaah Haji Berakhir, Tapi 62 Orang Masih di Saudi Karena Sakit

Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, bahwa operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air pada musim haji tahun 2024 telah sepenuhnya berakhir.