Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

4 Kejadian Penembakan Pejabat Amerika Serikat yang Terbesar Sepanjang Sejarah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Insiden penembakan Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania mengagetkan banyak pihak. Momen itu menunjkkan bahwa tim penjaga sekelas mantan presiden negara adikuasa juga bisa lengah terhadap serangan-serangan di hadapan publik.

Namun, kejadian penyerangan terhadap tokoh politik dengan cara ditembak di depan publik sudah kerap kali terjadi jauh sebelum insiden Donald Trump.

Penembakan yang membunuh beberapa politikus Amerika Serikat sebelumnya kemudian menimbulkan dampak yang mendalam dalam sejarah negara tersebut.

Mulai dari Abraham Lincoln hingga John F. Kennedy, nama-nama presiden negeri Paman Sam itu hingga saat ini tidak bisa lepas dari imej kematian tragis mereka yaitu ditembak di empat umum.

Berikut adalah empat kejadian penembakan pejabat Amerika Serikat yang terbesar sepanjang sejarah.

  1. Pembunuhan Presiden Abraham Lincoln

Tanggal: 14 April 1865
Tempat: Teater Ford, Washington, D.C.
Pelaku: John Wilkes Booth

Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16, adalah target dalam salah satu pembunuhan terkenal dalam sejarah AS. Booth, seorang aktor dan simpatisan Konfederasi Selatan, menembak Lincoln di belakang kepala saat Lincoln menonton sebuah pertunjukan di Teater Ford. Lincoln meninggal keesokan harinya, 15 April 1865.

  1. Pembunuhan Presiden John F. Kennedy

Tanggal: 22 November 1963
Tempat: Dealey Plaza, Dallas, Texas
Pelaku: Lee Harvey Oswald (dituduh), tetapi ada kontroversi tentang kejadian ini.

John F. Kennedy, Presiden AS ke-35, ditembak saat berada di dalam mobil terbuka bersama istrinya Jacqueline dan gubernur Texas John Connally. Kennedy dinyatakan meninggal dunia beberapa jam setelah penembakan tersebut. Kejadian ini memunculkan banyak teori konspirasi dan menjadi salah satu peristiwa paling traumatis dalam sejarah modern Amerika Serikat.

  1. Upaya Pembunuhan Presiden Ronald Reagan

Tanggal: 30 Maret 1981
Tempat: Hotel Hilton Washington, D.C.
Pelaku: John Hinckley Jr.

John Hinckley Jr. menembakkan enam peluru ke arah Presiden Ronald Reagan dan beberapa pejabat lainnya di luar Hotel Hilton. Reagan terluka parah dengan satu peluru yang hampir menewaskannya. Hinckley dilaporkan melakukan penembakan ini dalam upaya untuk menarik perhatian aktris Jodie Foster.

  1. Pembunuhan Senator Robert F. Kennedy

Tanggal: 5 Juni 1968
Tempat: Ambassador Hotel, Los Angeles, California
Pelaku: Sirhan Sirhan

Robert F. Kennedy, mantan Jaksa Agung AS dan saudara dari Presiden John F. Kennedy, ditembak saat berada di Kampanye Presiden 1968 di Hotel Ambassador. Sirhan Sirhan, seorang Palestina, adalah pelaku penembakan tersebut. Kennedy meninggal dunia keesokan harinya, pada 6 Juni 1968, setelah terluka parah akibat penembakan tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kereta Cepat Whoosh Kembali Beroperasi Normal Pasca Gempa di Bandung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pasca sempat membatalkan beberapa perjalanan, PT...

Ribuan Pelajar Kabupaten Batang Ikut Simulasi Makan Bergizi Gratis

Simulasi makan bergizi gratis, yang merupakan program Presiden Terpilih Prabowo Subianto terus dilakukan. Seperti yang dilakukan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (18/9).

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru