Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024
NewsEkobizBI Catat Modal Asing Rp 5,59 Triliun Mengucur Deras ke RI Dalam...

BI Catat Modal Asing Rp 5,59 Triliun Mengucur Deras ke RI Dalam Sepekan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 8 – 11 Juli 2024 mencapai Rp 5,59 triliun.

Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono merinci, aliran modal asing tersebut salah satunya berasal dari beli neto di pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 3 triliun.

“Kemudian ada beli neto senilai Rp 0,32 triliun di pasar saham, dan beli neto sebesar Rp 2,27 triliun di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI),” kata Erwin dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (13/7). 

Adapun data setelmen sampai dengan 11 Juli 2024, transaksi nonrsiden tercatat jual neto sebesar Rp 28,82 triliun di pasar SBN. Lalu jual neto tercatat Rp 6,75 triliun di pasar saham dan beli neto Rp 153,20 triliun di SRBI. 

Kemudian, premi credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun tercatat mencapai 69,03 basis poin (bps) per 11 Juli 2024. Angka ini turun dibandingkan 5 Juli 2024 sebesar 72,98 bps.

Selain itu, bank sentral Indonesia itu juga mencatat imbal hasil (yield) SBN Indonesia tenor 10 tahun turun ke 6,99 persen. Sementara imbal hasil untuk US Treasury tenor yang sama juga turun ke 4,21 persen. 

Tak cukup itu, lembaga pimpinan Perry Warjiyo itu juga mencatat nilai tukar rupiah pada Kamis (11/7) sore ditutup pada level Rp 16.190 per dolar AS. Kemudian dibuka di level Rp 16.120 per dolar AS pada Jumat (12/7) keesokan harinya.

Atas berbagai perkembangan tersebut, Erwin memastikan pihaknya di BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait guna memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia dari sisi eksternal.

“Kami mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia,” pungkas Erwin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Munaslub Tetapkan Anindya Bakrie Jadi Ketua Umum Kadin Indonesia

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah resmi menetapkan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, menggantikan Arsjad Rasjid.

Layanan Belum Bisa Diakses, Indodax Lanjut Kasih Giveaway

Layanan Indodax sampai dengan saat ini masih belum bisa diakses, setelah terjadinya peretasan atas sistem transaksi Indodax pada Rabu (11/9) lalu.

Sempat Ditolak, Munaslub Kadin Indonesia Tetap Digelar Hari Ini

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tetap digelar pada hari ini, Sabtu (14/9), meskipun sempat terjadi penolakan dari sejumlah pengurus Kadin daerah.

Pastikan Saldo Member Aman, Indodax Klaim Punya Aset Cadangan Rp 11,5 Triliun

CEO Indodax, Oscar Darmawan memastikan saldo para member yang ada pada platform penjualan kripto miliknya aman 100%, setelah terjadinya insiden peretasan pada Rabu (11/9).