Pegi Setiawan Bebas, Menko Polhukam : Hargai Putusan Pengadilan!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pegi Setiawan bebas dari status tersangka kasus Vina dan Eky, usai Hakim Tunggal Pengadilan Negeri (PN) Bandung Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan pihak Pegi. Menko Polhukam Hadi Tjahjanto pun menyampaikan bahwa putusan hakim Eman Sulaeman itu harus kita hargai bersama.

Sebelum itu, seperti yang telah diketahui bersama bahwa pada Senin (8/7), PN Bandung mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan soal kasus Vina dan Eky (Cirebon 2016).

Pada putusannya Eman Sulaeman menyampaikan, tidak ditemukan bukti bahwa Pegi Setiawan pernah dilakukan pemeriksaan sebagai calon tersangka oleh Polda Jawa Barat selaku termohon.

“Maka menurut Hakim, penetapan tersangka atas pemohon haruslah dinyatakan tidak sah dan batal demi hukum,” kata Hakim Eman.

“Dengan demikian, petitum pada praperadilan pemohon secara hukum dapat dikabulkan untuk seluruhnya,” lanjutnya.

Terkait hal tersebut, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengajak khalayak umum untuk menghargai putusan pengadilan.

“Kita hargai putusan pengadilan, Pegi jelas di situ adalah bebas ya pada waktu praperadilan. Sehingga tentunya kepolisian semua menyampaikan mereka menghargai putusan itu,” ungkap Hadi, seperti dikutip Holopis.com.

Selain daripada itu, Hadi juga mempersilakan tersangka lain dalam kasus Vina dan Eky tersebut untuk mengajukan peninjauan ulang dengan syarat memiliki bukti baru.

“Namun ada pertanyaan, bagaimana teman-temannya yang masuk, yang sudah delapan tahun yang lalu,” ujarnya lagi.

“Silakan kalau memang ada ditemukan kemungkinan bukti baru. Kalau bukti baru silakan untuk dilaksanakan peninjauan kembali,” tambahnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Menko Polhukam Peringatkan Jangan Gunakan Anak di Bawah Umur untuk Kampanye Pilkada 2024

Hadi Tjahjanto memperingatkan kepada semua calon peserta Pilkada 2024, agar tidak mengikutsertakan anak-anak di bawah umur dalam kampanye mereka di Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Hadi Tjahjanto Peringatkan Kapolri dan Jaksa Agung Jangan Rotasi Jabatan Jelang Pilkada

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengingatkan agar institusi TNI dan Polri tetap netral selama pelaksanaan Pilkada 2024.

Menko Polhukam Ingatkan Jangan Ada Pengerahan Anak saat Kampanye

Menko Polhukam, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meminta agar tidak ada pengerahan anak di bawah umur selama kampanye Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Olimpiade Paris 2024

Berita Terbaru