Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya. Hari Populasi Sedunia itu adalah sebuah perayaan yang dilakukan untuk memastikan akses global terhadap pendidikan, perawatan kesehatan, perumahan, makanan, energi dan lain sebagainya.

Sejarah peringatan Hari Populasi Sedunia ini ditetapkan pada  (11/7), pada 1989 PBB melalui Dewan Pemerintah Program Pembangunannya mendirikan Hari Populasi Sedunia.

Hari Populasi Sedunia didirikan dalam rangka memperingati jumlah populasi dunia kala itu (11 Juli 1987) yang mencapai 5 miliar. Dalam sejarah, Hari Populasi Sedunia pertama kali diperingati pada 11 Juli 1990, terdapat lebih dari 90 negara di dalamnya.

Kemudian, berdasarkan Resolusi 45/216 Desember 1990, PBB memutuskan untuk memperingati Hari Populasi Sedunia secara rutin setiap tahunnya.

Ada pun tujuannya yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global mengenai akibat dari padatnya populasi, di mana dengan padatnya populasi di dunia maka penyebab-penyebab seperti kemiskinan, pengangguran kriminalitas dan lain sebagainya akan meningkat.

Dengan begitu, Hari Populasi Sedunia diperingat di setiap tahunnya demi menyadarkan publik

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Palang Merah Indonesia

Hari Palang Merah Indonesia (PMI) diperingati setiap tanggal 3 September untuk menghormati dan mengenang pendirian serta kontribusi penting dari organisasi kemanusiaan ini.

Hari Penghilangan Paksa Internasional, Momentum Penghormatan bagi Korban Hilang

Setiap tanggal 30 Agustus, dunia memperingati Hari Penghilangan Paksa Internasional, atau yang dalam bahasa inggris yakni International Day of the Victims of Enforced Disappearances).

Hari Perumahan Nasional 2024, Begini Sejarah dan Temanya

25 Agustus setiap tahunnya, masyarakat Indonesia merayakan Hari Perumahan Nasional (Hapernas). Pada tahun 2024, peringatan Hari Perumahan Nasional mengambil tema "Mewujudkan Hunian Layak untuk Semua."
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru