• Berita Foto

Dukung Ketahanan Pangan, Pangdam Cenderawasih dan Kementan Bagikan Alat Tani

HOLOPIS.COM, PAPUA – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman beserta rombongan dalam rangka penanaman perdana dan optimalisasi lahan sawah seluas 40.000 Ha.

Agenda ini merupakan bagian dari wujud keseriusan TNI untuk mendukung program ketahanan Pangan Nasional.

Dalam kesempatan itu, Kodam Cenderawasih dan Kementerian Pertanian juga menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani.

“Penyerahan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani ini dalam rangka program ketahanan Pangan Nasional,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M dalam keterangannya di Kampung Nggutibob, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (29/5) seperti dikutip Holopis.com.

- Advertisement -

Menanggapi hal ini Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menyampaikan terima kasih karena program tersebut dapat terealisasi dan mendapat bantuan Alsintan.

“Khususnya kepada Pangdam yang selalu memberikan dukungan atas program ini,” kata Romanus.

Sementara itu Mentan RI Andi Amran juga mengatakan pihaknya mempercayakan kepada Pangdam XVII/Cen dan Forkopimda untuk mengendalikan agar satu Komando dalam pelaksanaannya.

“Mari kita awali 40.000 Ha setelah itu 1 jt Ha sehingga mimpi besar terwujud,” ucap Andi Amran.

Merespons hal ini, Pangdam XVII/Cen menjelaskan bahwa dalam mendukung ketahanan pangan Yonif 757/GV menjadi prototipe atau contoh model dalam produksi lahan yang telah disiapkan dalam mendujung program tersebut, yaitu ; Kompi Pengelolaan lahan, Kompi benih, Kompi penanaman, Kompi pengendalian hama dan penyakit, Kompi pengendalian air dan pemeliharaan tanaman, Kompi Pasca Panen dan Kompi pemeliharaan Alsintan.

“Semua ini kita siapkan, Yonif 757 sebagai prototipe dan terus kita sempurnakan,” tegas Mayjen TNI Izak.

Turut hadir, Bapak Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin (Asisten Khusus Menhan Bid. Manajemen Pertahanan), Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana (Asisten Khusus Menhan Bid. Ketahanan Pangan), Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T., I.P.M (Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan), Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P,.M.M (Kapoksahli Kodam XVII/Cenderawasih), Danrem 174/ATW Brigjen TNI Wempi Ramandei, para PJU Kodam XVII/Cen dan Korem 174/ATW dan Unsur Forkopimda Prov. Papua Selatan dan Kab. Merauke. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Momen Pertemuan Hangat Prabowo Subianto dan Presiden Erdoğan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Turki. Dalam kunjungannya, Prabowo yang juga sebagai presiden RI terpilih bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, pada Selasa.(30/7).

Momen Prabowo saat Bertemu Presiden Komite Olimpiade Paris

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade International (IOC), Thomas Bach di Hotel Du Collectionneur, Paris, pada Sabtu (27/7) pukul 15.00 waktu setempat.

Prabowo Subianto Pimpin ‘Business Meeting’ di Prancis

Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto memimpin Business meeting antara Indonesia dengan Prancis, pada kamis (26/7) lalu.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Olimpiade Paris 2024

HOLOPIS FEEDS