Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan salmon adalah makanan laut yang paling bermanfaat untuk kesehatan.

Selain enak, ini dia empat manfaat kesehatan utama yang bisa Sobat Holopis dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon secara teratur.

  1. Sumber Omega-3 yang Kaya

Salmon dikenal sebagai salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri, sehingga harus diperoleh dari makanan. Kehadiran omega-3 dalam salmon telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mendukung fungsi otak dan penglihatan yang sehat.

  1. Protein Berkualitas Tinggi

Salmon juga merupakan sumber protein hewani yang sangat baik. Protein adalah blok bangunan utama bagi tubuh kita, diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot, kulit, dan organ-organ lainnya. Protein dalam salmon juga membantu menjaga kestabilan gula darah setelah makan, yang penting untuk mengatur energi dan menjaga perasaan kenyang lebih lama.

  1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Selain omega-3 dan protein, salmon mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Misalnya, salmon adalah sumber yang baik untuk vitamin D, vitamin B12, selenium, dan iodin. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B12 dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang optimal. Selenium berperan sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Salmon telah secara konsisten dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Asam lemak omega-3 dalam salmon membantu meningkatkan profil lipid darah, dengan menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL (“kolesterol baik”). Selain itu, omega-3 juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, mengurangi risiko pembekuan darah, dan menjaga elastisitas pembuluh darah.

Dengan keempat manfaat kesehatan utamanya, ikan salmon tidak hanya memberikan nutrisi yang dibutuhkan, tetapi juga dapat membantu mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Sobat Holopis suka ikan salmon tidak?

Darin Brenda Iskarina

Share
Published by
Darin Brenda Iskarina
Tags: Ikan Salmon

Recent Posts

Kunci Gitar Masih Hatiku – Arsy Widianto, Tiara Andini Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Dunia musik Indonesia kembali bergemuruh dengan perilisan lagu kolaborasi terbaru dari Arsy…

12 menit ago

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU…

42 menit ago

Kunci Gitar Lampu Kuning – Juicy Luicy Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Grup musik pop Indonesia, Juicy Luicy, kembali memanjakan para penggemarnya dengan merilis…

1 jam ago

Park Seo Joon Akan Bintangi Drakor Romantis Baru, Apa Ya Judulnya?

Aktor Korea Selatan Park Seo Joon akan membintangi drama romantic terbaru yang berjudul Waiting for…

2 jam ago

Kunci Gitar Kata Mereka Ini Berlebihan – Bernadya Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penyanyi muda berbakat, Bernadya, kembali menggebrak industri musik Indonesia dengan merilis single…

2 jam ago

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

3 jam ago