BMKG Prediksi Cuaca Jateng Bakal Turun Hujan, Cek Sebarannya

HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

Menurut prakiraan BMKG, cuaca Jateng pada pagi ini bakal didominasi cuaca cerah berawan, dengan sejumlah wilayah bakal dilanda cuaca berawan alias mendung. 

Memasuki waktu siang, kondisi cuaca Jateng masih akan didominasi cuaca berawan hingga cerah berawan. BMKG juga melihat potensi hujan ringan di Temanggung dan Wonosobo. 

Bahkan, terdapat potensi hujan hingga intensitas lebat, yang dapat pula disertai petir atau kilat, dan angin kencang di sejumlah wilayah Jateng.

Kendati demikian, BMKG tidak merinci kapan pastinya potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut. 

“Berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan hingga dataran tinggi dan sekitarnya,” tulis BMKG, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (2/7).

Selanjutnya pada malamnya, cuaca Jateng menurut BMKG bakal didominasi cuaca berawan, dengan potensi turun hujan ringan di sebagian wilayah Jateng.

Adapun potensi hujan ringan itu diprediksi terjadi di wilayah Banjarnegara, Brebes, Kebumen, Magelang, Mungkid, Pemalang, Purbalingga, Purwodadi, Purwokerto, Purworejo, Slawi, Wonosobo, dan Tegal.

Selanjutnya pada dini harinya, cuaca berawan terjadi di hampir seluruh wilayah Jateng, kecuali Cilacap dan Kebumen yang bakal turun hujan ringan.

Selain prakiraan cuaca, BMKG juga merilis prakiraan suhu dan kelembaban udara di Jateng, dimana suhunya bakal berkisar antara 23-33. 

Sedangkan untuk prakiraan kelembaban udara di Jateng pada hari ini menurut BMKG bakal berkisar antara 55-90 persen.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

BNPB Tetapkan 30 Daerah di Jateng Siaga Kekeringan dan Karhutla

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan sebanyak 30 daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai daerah yang berstatus siaga bencana kekeringan.

Cuaca Jakarta Rabu 24 Juli 2024 Diprediksi BMKG Cerah Seharian

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Rabu 24 Juli 2024.

BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Ini

Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tinggi yang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada rentang waktu antara tanggal 22 - 23 Juli 2024.

Cuaca Jatim Minggu 21 Juli 2024 Cerah Sepanjang Hari, BMKG : Waspada Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Minggu 21 Juli 2024.

Cuaca Jabar Minggu 21 Juli 2024 Umumnya Cerah, Tapi Ada Potensi Hujan Ringan di Wilayah Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Minggu 21 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

BNPB Tetapkan 30 Daerah di Jateng Siaga Kekeringan dan Karhutla

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan sebanyak 30 daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai daerah yang berstatus siaga bencana kekeringan.