BerandaOtoteknoTeknoSyam Basrijal Ingatkan Keamanan Siber Penting di Era Modern

Syam Basrijal Ingatkan Keamanan Siber Penting di Era Modern

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi seperti era saat ini memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat. Tentu keamanan data menjadi aspek yang sangat krusial.

“Di era digital yang serba instan, cepat dan solutif ini membutuhkan dukungan teknologi sangat tinggi, tidak hanya untuk memproduksi suatu produk atau jasa namun menjaga hasil produksi juga sangat dibutuhkan,” kata Syam dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Senin (1/7).

Apalagi data menjadi sesuatu yang sangat berharga dan tidak ternilai, maka keamanan terhadap data harus benar-benar diperhatikan. Bagaimana pengamanan firewall, struktur keamanan data dan juga protokol dalam security system yang disediakan menjadi poin penting untuk diperhatikan oleh semua pihak yang menjadi penyimpan dan pengelola data tersebut.

“Karena hasil dukungan yang sudah sangat tinggi sehingga menghasilkan produksi berkualitas tinggi akan menjadi percuma jika tidak didukung dengan keamanan yang berbasis teknologi tinggi,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Diterangkan Syam, bahwa ancaman teknologi informasi digital akan selalu dibayang-bayangi oleh tindakan kejahatan siber (Cyber Crime). Apalagi kasus terakhir adalah serangan Ransomware dari Brain Cipher yang merupakan pengembangan teknologi peretasan dari LockBit 3.0 terhadap Pusat Data Nasional yang dikelola oleh pemerintah Indonesia.

Di mana dalam kasus serangan siber ini, kabarnya 98% data di Pusat Data Nasional Sementara di Server Surabaya tidak bisa diselamatkan karena terenkripsi oleh Ransomware tersebut. Yang paling fatal, ternyata pengelola Pusat Dana Nasional tersebut tidak memiliki backup data sama sekali.

“Karena bisnis modern akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan ancaman yang sebelumnya tidak pernah ada. Salah satu tantangan terbesar adalah keamanan siber,” tuturnya.

Oleh sebab itu, ia berharap semua lembaga baik lembaga plat merah maupun swasta harus lebih peduli terhadap keamanan data tersebut. Apalagi jika sudah berurusan dengan jalur internet, maka semua potensi ancaman kebocoran data dan serangan cyber security harus benar-benar diantisipasi sedini mungkin.

“Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi dan internet, risiko yang dihadapi bisnis terkait pelanggaran data dan serangan siber semakin meningkat. Oleh karena itu, memiliki sistem keamanan siber yang komprehensif menjadi sangat penting,” tukasnya.

Ditekankan lagi oleh Syam, bahwa sistem keamanan siber yang komprehensif sangat penting dilakukan oleh pelaku bisnis modern. Sebab, hal itu menjadi barometer apakah layanan digital tersebut bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Penting Kepastian Keamanan Data

1. Menjaga keuangan organisasi tetap aman

Setiap bisnis, baik besar maupun kecil, mengelola sejumlah besar data sensitif. Data ini bisa berupa informasi pelanggan, detail keuangan, atau rahasia dagang perusahaan. Pelanggaran data dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan dan merusak reputasi bisnis.

“Sistem keamanan siber yang komprehensif akan membantu melindungi data ini dari akses yang tidak sah dan kebocoran,” ujarnya.

2. Menjaga kinerja produksi

Serangan siber semakin canggih dan beragam. Dari serangan phishing hingga ransomware. Syam mengatakan bahwa ancaman ini dapat melumpuhkan operasi bisnis dan serangan siber dapat menyebabkan downtime yang signifikan, mengganggu operasi bisnis dan mengurangi produktivitas. 

Temukan kami juga di Google News
Editor : Muhammad Ibnu Idris
BERITA LAINNYA

Perlunya Pendekatan Holistik dalam Membangun Sistem Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa persoalan keamanan data memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnia yang bersentuhan dengan digitalisasi.

Waspada Keamanan Data di Era Digital

Data pribadi merupakan informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu secara spesifik, seperti nama, alamat, nomor telepon, data finansial, dan informasi pribadi lainnya. Dalam konteks digital, data ini sering kali disimpan dan diproses secara elektronik.

Roy Suryo Yakin Peretasan Pusat Data Nasional Akibat Orang Dalam

Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen Roy Suryo meyakini betul bahwa ujung tombak dari masalah peretasan dan serangan ransomware oleh brain cipher adalah akibat orang dalam.

Event Promo Diamond Bakal Datang Kembali, Catat Tanggalnya!

Kabar gembira untuk para penggemar game Mobile Legends (ML), kini event promo diamond akan segera hadir pada 5 Juli 2024 mendatang di original server.

Besok, Hacker PDNS Bakal Berikan Kunci Ransomware Gratis!

Gang hacker yang menamakan diri mereka sebagai Brain Chiper, dikabarkan bakal memberikan kunci ransomware yang menyerang PDNS (Pusat Data Nasional Sementara) Indonesia.

Kominfo Kena Retas, Hacker Klaim Bobol NIK Hingga Nomor Rekening 

Sebuah kabar mengejutkan, disampaikan akun media sosial X @FalconFeedsio. Dalam postingannya disampaikan adanla pembobolan data di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS