BerandaNewsRagamSempat Terdampak Serangan Ransomware, Kemenag Pastikan SIHALAL Berjalan Normal

Sempat Terdampak Serangan Ransomware, Kemenag Pastikan SIHALAL Berjalan Normal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa layanan sertifikasi halal melalui aplikasi Sistem Informasi Halal atau SIHALAL berjalan normal.

Hal itu disampaikan, setelah adanya serangan ransomware terhadap Pusat Data Nasional (PDN) Sementara di Surabaya pada 20 Juni 2024 lalu.

Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham mengaku, bahwa layanan SIHALAL pada 20 – 23 Juni lalu sempat terdampak serangan siber tersebut. Namun mulai 24 Juni 2024, layanan tersebut kembali berjalan normal.

“Sejak Senin 24 Juni 2024, seluruh layanan penyelenggaraan jaminan produk halal berjalan normal kembali,” kata Aqil Irham dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (29/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Terdampaknya SIHALAL sempat mengakibatkan terganggunya layanan pengajuan sertifikasi halal, layanan pengajuan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal, layanan pelatihan Pendamping Proses Produk Halal, layanan akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), layanan akreditasi Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dan layanan terkait lainnya.

Lebih lanjut, Aqil penempatan aplikasi SIHALAL pada PDN merupakan wujud kepatuhan pihaknya terhadap aturan pemerintah, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Melalui PDN, penyelenggaraan teknologi informasi dan komunikasi diarahkan untuk pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi dengan melakukan pengintegrasian data dan informasi, aplikasi SPBE, dan infrastruktur SPBE.

“Seluruh layanan penyelenggaraan jaminan produk halal dilakukan secara elektronik dan terintegrasi melalui aplikasi SIHALAL,” ujarnya.

Aplikasi SIHALAL, kata dia, mulai ditempatkan pada PDNS 2 sejak 1 Maret 2024, di mana sebelumnya ditempatkan pada PDNS 1 sejak Juni 2023.

Sebelumnya, adanya gangguan pada PDNS 2 sempat berpengaruh pada sejumlah layanan elektronik pemerintah yang lain.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Polri Gelar Khataman Alquran 78 Kali di HUT Bhayangkara 2024

Divisi Humas Mabes Polri menyelenggarakan kegiatan rohani dengan Khataman Al-Quran sebanyak 78 kali untuk mengisi HUT ke 78 Tahun Polri.

4 Cara Mengumpulkan Semangat untuk Menyambut Hari Sibuk Setelah Weekend

Hari Senin sering kali dianggap sebagai awal minggu yang penuh tantangan setelah akhir pekan yang menyenangkan. Namun, dengan beberapa langkah sederhana.

4 Tips Foundation Tahan Lama Anti Badai!

Foundation merupakan langkah awal dalam merias wajah yang dapat menciptakan dasar yang sempurna untuk makeup.

4 Tips Memutihkan Gigi dengan Cara Alami

Memiliki gigi putih bersih adalah impian banyak orang, karena gigi yang putih tidak hanya menambah kepercayaan diri tetapi juga mencerminkan kesehatan mulut yang baik.

Jokowi Ajak Prabowo Saksikan Defile di HUT ke-78 Bhayangkara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto untuk menyaksikan penampilan defile pasukan upacara HUT ke-78 Bhayangkara.

Dompet Dhuafa Groundbreaking Masjid di Long Xuyen Vietnam

Menjelang milad ke 31 Dompet Dhuafa kembali menjalankan misi kemanusiaan. Kali ini adalah menuju Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang, Vietnam dalam rangka pembangunan masjid untuk masyarakat muslim minoritas di sana.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS