BerandaNewsKesehatanCara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

Cara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batuk memang bukan rahasia umum lagi kerap diderita oleh anak-anak. Namun sobat Holopis tak perlu khawatir, ada beragam cara untuk mengatasi batuk pada anak dengan perawatan sederhana di rumah.

Ketika anak batuk, tentu membuat orang tua khawatir. Memang tak selalu berbahaya, namun jika didiamkan bisa mengganggu aktivitas sang anak. Ada pun batuk merupakan reaksi tubuh untuk melindungi saluran pernapasan dari debu, alergi, asma, lendir, hingga infeksi.

Nah, berikut ini beberapa cara yang dinilai ampuh mengatasi batuk pada anak seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter, yang tentunya bisa dipraktikan oleh orang tua di rumah :

Cara Atasi Batuk pada Anak

Penerbit Iklan Google Adsense
  1. Memberikan ASi atau air secara rutin

Dengan banyak memberikan ASI pada anak berusia kurang dari 6 bulan, maka diyakini bisa mengatasi batuk. Tetapi pada bayi berusia lebih dari 1 tahun, bisa diberikan air hingga jus buah secara rutin.

Ada pun pemberian ASI atau air dilakukan agar anak tetap terhidrasi, sehingga dahak menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

  1. Kasih Makan Sup Ayam

Memberi makan anak dengan sup ayam jadi salah satu cara untuk mengatasi batuk pada anak loh sobat Holopis, terutama jika anak sudah mulai MPASI.

Kuah sup yang hangat dapat mengencerkan dahak, sehingga batuk berkurang dan meredakan sakit tenggorokan.

Sup ayam juga mengandung protein dan karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, sehingga tubuhnya menjadi lebih kuat dalam melawan bakteri penyebab batuk.

  1. Kasih Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, serta meredakan batuk kering. Dengan demikian, anak menjadi lebih mudah tidur dengan nyenyak tanpa perlu terbangun karena batuk.

Sayangnya pemberian madu sebagai cara mengatasi batuk pada anak hanya boleh diberikan pada anak yang berusia lebih dari 1 tahun. Pasalnya, pemberian madu pada anak yang berusia kurang dari 12 bulan dapat mengakibatkan botulisme.

Untuk menggunakan madu sebagai cara mengatasi batu pada anak yang berusia kurang dari 6 tahun, Bunda dapat memberikan madu sebanyak ½ sendok. Sementara untuk anak yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, Bunda dapat memberikan sebanyak 1 sendok teh.

  1. Mencuci Hidung

Ada juga untuk mengatasi batuk pada anak dengan cara mencuci hidung si buah hati dengan cairan saline yang merupakan larutan garam steril.

Sobat bisa melakukannya dengan cara bilas hidung dengan menggunakan neti pot pada anak.

Untuk melakukan cuci hidung pada anak, Bunda bisa mempraktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Miringkanlah kepala Si Kecil.
  • Letakkan ujung neti pot ke lubang hidung Si Kecil yang berada di posisi atas.
  • Tekan neti pot untuk memasukkan larutan garam secara perlahan hingga habis.
  • Ulangi rangkaian langkah tersebut pada lubang hidung lainnya.

Mencuci hidung dengan larutan saline mengeluarkan lendir dari hidung yang bisa saja mengalir ke tenggorokan dan membuat anak batuk.

  1. Kasih Obat

Tentu memberikan obat untuk mengatasi batuk adalah hal yang perlu dilakukan apabila sejumlah cara belum bisa meredakan batuk pada sang anak.

Selain itu, obat juga bisa saja diresepkan bila batuk sudah sangat mengganggu dan tidak kunjung membaik setelah 3 hari.

Dokter umumnya akan meresepkan beberapa obat untuk anak, seperti obat antitusif untuk mengatasi batuk kering, obat ekspektoran untuk mengatasi keluhan batuk berdahak, maupun antihistamin jika batuk yang dialami Si Kecil disebabkan oleh paparan zat alergen, seperti polusi udara dan debu.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.

Yuk Minum Air Hangat! Banyak Manfaatnya loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mengonsumsi air hangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni bisa meredakan gejala flu. Namun yang pasti, manfaat dari meminum...

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS