BerandaNewsHajiPPIH Imbau Jemaah Utamakan Ziarah Raudhah

PPIH Imbau Jemaah Utamakan Ziarah Raudhah

"Petugas telah mengurus tasreh yang akan digunakan jemaah sebagai tiket masuk Raudhah," sambungnya.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengatakan, bahwa fase pemulangan jemaah haji, hingga tanggal 26 Juni 2024 pukul 21.00 WAS, jumlah Jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air mencapai 36.835 orang. Mereka tergabung dalam 93 kelompok terbang.

Terkait dengan jadwal pemberangkatan jemaah haji untuk kembali ke tanah air, Widi menegaskan bahwa Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pun telah mengimbau agar jemaah memprioritaskan ziarah Raudhah sebelum melakukan ziarah ke lokasi ziarah lainnya, seperti ke Masjid Kuba, Jabal Uhud, dan sebagainya.

“Utamakan ziarah ke Raudhah, karena jadwalnya sesuai tasreh yang telah diberikan Kementerian Haji dan Umrah Saudi, sehingga tidak bisa diulang. Kalau sudah terlewat, jemaah tidak punya kesempatan lagi,” kata Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta Timur, Kamis (27/6) seperti dikutip Holopis.com.

Widi juga menekankan bahwa PPIH Kemenag sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan oleh para jemaah haji Indonesia untuk melaksanakan ziarah ke Raudhah tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Petugas telah mengurus tasreh yang akan digunakan jemaah sebagai tiket masuk Raudhah,” sambungnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa kondisi hotel di Madinah berbeda dengan di Makkah. Kapasitas hotel di Madinah tidak sebanyak di Makkah. Yang mana untuk satu hotel di Makkah bisa menampung hingga 20 ribu jemaah, sementara hotel-hotel di Madinah memiliki kapasitas tampung untuk 1.500 orang saja.

“Kondisi tersebut perlu dipahami para jemaah, karena berdampak terhadap penempatan jemaah dan ada potensi kloter yang terpisah penempatannya,” ujarnya.

Selain kapasitas hotel, lanjut Widi, hotel di Madinah memiliki lobi yang lebih kecil serta jumlah lift yang terbatas. Karenanya, jemaah diimbau agar mengatur waktu turun dan naik lift usai salat di Masjid Nabawi.

“Selain itu, mengingat cuaca di Kota Madinah lebih panas dari Kota Makkah, jemaah agar melengkapi diri dengan alat pelindung diri seperti topi, kaca mata hitam dan semprotan air selagi bepergian atau ziarah,” ucapnya.

Bila ingin beribadah di Masjid Nabawi, ia menambahkan, jemaah agar mencatat dan mengingat nama dan nomor hotel. Memberi tahu dan mencatat nomor kontak PPIH di hotel.

“Tetap mengenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah, membawa paspor, visa dan identitas diri lainnya,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Ingat! Jemaah Haji Dilarang Bawa Zamzam di Koper Bagasi

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kembali mengingatkan jemaah haji Indonesia untuk tidak memasukkan air zamzam dalam berbagai kemasan ke dalam tas koper.

Kemenag Geram, 50 Persen Penerbangan Pulang Haji Indonesia Terlambat

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab menyoroti tingginya angka keterlambatan penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari jadwal yang telah direncanakan sebelumnya.

Siapa Jemaah Sakit yang Ditanazulkan? Ini Kriterianya

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda menyampaikan bahwa Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memberikan kesempatan kepada jemaah untuk melakukan Tanazul.

Kemenag Beri Raport Merah ke Garuda, Lambat dan OTP Buruk

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab membantah klaim Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bahwa kegagalan mendapat slot karena ada perubahan kebijakan Arab Saudi.

Garuda Minta Maaf Soal Penurunan Slot Penerbangan dari 68 Jadi 46

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan permohonan maafnya atas terjadinya penyesuaian slot penerbangan untuk agenda pemulangan jemaah haji Indonesia dari tanah suci menuju tanah air.

Jemaah Haji Bisa Pulang Lebih Awal, Begini Syaratnya

Fase kepulangan jemaah haji Indonesia telah dimulai. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memberikan kesempatan jemaah untuk pulang lebih awal melalui tanazul atau mutasi kloter.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS