PKB Ragu Usung Anies Baswedan : Jakarta Butuh Pemimpin Plural

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mengaku masih bimbang untuk mengusung nama Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024.

Bahkan, ketika PKS sudah mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk maju di Jakarta, PKB makin meragukan bakal meraih kemenangan.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan, Jakarta butuh pemimpin yang plural dan bukan sosok yang justru berpotensi memecah.

“Kita hargai sikap PKS yang sudah mengunci tetapi yang diperlukan oleh Jakarta adalah kepemimpinan yang plural, kepemimpinan yang mempersatukan, kepemimpinan yang beragam,” kata Jazilul dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

“Selama ini Pak Anies sudah identik dengan PKS,” imbuhnya.

Kendati demikian, Jazilul mengakui bahwa pihaknya masih akan melakukan pertimbangan yang matang seperti melihat terlebih dahulu dinamika yang ada di Jakarta maupun politik nasional.

“Justru itu kita proses dengan melihat dinamika yang ada di DKI ataupun dinamika politik nasional karena Pilkada DKI pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional,” tukasnya.

Bahkan, lanjut Jazilul, bisa saja mereka kemudian malah kembali mendukung Anies Baswedan meski kemungkinan koalisi dengan PKS masih kecil.

“Yang namanya kemungkinan serba terbuka di politik, tetapi yang jelas PKB berharap semua dibahas bersama-sama. Kita tidak mem-bypass satu dengan yang lain. Kita berharap koalisi lebih besar karena PKB dengan PKS masih kecil,” jelasnya.

Terkait komunikasi dengan PKS, Jazilul mengatakan telah melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpinan PKS. Namun, untuk pertemuan resmi PKB dan PKS belum dijadwalkan.

“Secara orang per orang saya pikir sudah, tetapi terkait keputusan, belum ada duduk bersama. Justru kita sedang melihat dinamika yang ada di Jakarta atau dinamika politik nasional karena Pilgub Jakarta pasti berimbas dan dipengaruhi oleh konstelasi politik nasional,” pungkasnya.

Ronald Steven

Share
Published by
Ronald Steven

Recent Posts

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan…

3 jam ago

Jokowi Hormati Putusan DKPP soal Hasyim Asyari, Janji Pilkada 2024 Tetap Lancar

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pihaknya sangat menghormati putusan dari DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu)…

4 jam ago

Festival Kuliner Non Halal di Paragon Solo, Sempat Diprotes dan Dihentikan

Festival Kuliner Pecinan Nusantara yang dihelat di Solo Paragon Mall sejak 3 Juli 2024 menuai…

4 jam ago

Jangan Foto Sembarangan di Makam Rasulullah

Widi Dwinanda mengingatkan kepada para jemaah haji Indonesia yang masih di tanah suci, dan melakukan…

5 jam ago

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

5 jam ago

Bukan Ahok, Puan Maharani Lebih Tertarik Duet Anies-Andika

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku sudah mulai tertarik dengan potensi duet Anies Baswedan dan…

6 jam ago