BerandaHistorySejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro...

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut? Berikut selengkapnya.

Sesuai namanya, stadion tersebut berlokasi di Berlin, Jerman. Lebih tepatnya di Westend, Charlottenburg-Willmersdorf, Berlin, Jerman.

Stadion Olimpiade Berlin sendiri sejatinya merupakan nama yang baru, dimana sebelumnya venue itu bernama Deutsches Stadion. Seiring dengan penggunaan namanya itu, stadion tersebut mulanya diperuntukkan dan dibangun untuk Olimpiade Berlin 1936 silam.

Stadion Olimpiade Berlin dirancang oleh arsitek kenamaan Jerman bernama Wener March dan dibangun antara 1934 sampai 1936.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kemudian stadion itu mengalami renovasi pada pertengahan 2004 sebagai persiapan Piala Dunia 2006, dengan penambahan kapasitas, dan kini disebut mampu menampung sebanyak 74.228 penonton.

Dalam proses pembangunan hingga renovasinya, dinilai memakan modal yang sangat besar. Kala itu pada dana awal tahun 1936 silam, sudah menelan biaya senilai 43 juta Reichsmark (mata uang Jerman tahun 1924-1948).

Kemudian biaya tambahan seiring dengan renovasi yang ada menelan sampai 247 juta Euro pada tahun 2004.

Stadion Olimpiade Berlin pun menjadi salah satu venue yang ikonik di Jerman, tak hanya kemegahan dan kapasitas penontonnya saja yang mampu menarik perhatian, namun juga secara desain terbilang modern untuk model pembangunan jenjang waktu renovasi 2004.

Ada pun Stadion Olimpiade Berlin digunakan sebagai markas klub Bundesliga, Hertha Berlin hingga saat ini.

Menariknya, saat ini Jerman didapuk menjadi tuan rumah gelaran sepakbola terbesar di Benua Biru, yaitu Euro 2024.

Stadion Olimpiade Berlin itu sendiri jadi salah satu venue dari beberapa stadion yang digunakan untuk perhelatan tersebut.

Bahkan, Stadion Olimpiade Berlin resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024 yang mempertandingkan Swiss vs Italia, pada Sabtu (29/6) mendatang.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Hari Janda Sedunia atau International Widow’s Day, Rayakan Perjuangan Para Perempuan Tangguh

Setiap tahun pada tanggal 23 Juni, dunia memperingati Hari Janda Internasional atau International Widows Day.

HUT Kota Jakarta ke-497 : Ini Tema hingga Rangkaian Acaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya dan kali ini merupakan HUT ke-497. Seperti dikutip Holopis.com...

Hari Yoga Internasional Sadarkan Masyarakat Lakukan Aktivitas Sehat

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tanggal 21 Juni, sebagai ajakan untuk untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang banyak manfaat berlatih yoga.

Kalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemakaian parfum nampaknya sudah jadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang di dunia. Bahkan, pemakaian parfum tersebut kerap juga dikaitkan dengan...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS