BerandaNewsRagamPBNU Risih Dibully Habis Usai Terima Hadiah Kelola Tambang

PBNU Risih Dibully Habis Usai Terima Hadiah Kelola Tambang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengaku menerima banyak kritikan pedas dari publik atas keputusan organisasi yang menyambut pemberian izin pengelolaan tambang untuk organisasi masyarakat (ormas) keagamaan.

Bahkan, logo ormas Islam terbesar di dunia itu tidak luput dari sasaran. Dimana logo yang dikenal sakral tersebut diubah dengan narasi ‘Ulama Nambang’ yang mana hal itu mengandung arti yang negatif.

“PBNU sudah menerima, sekarang di-bully dimana-mana, sampai logonya diubah,” kata Ketua Lakpesdam PBNU, Ulil Abshar dalam keterangannya, Rabu (26/6) seperti dikutip Holopis.com.

Kendati demikian, dia menilai berbagai kritikan pedas itu merupakan risiko atas langkah yang diambil pihaknya, yang mana langkah itu diambil tak lain adalah untuk kemaslahatan umat.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Tidak apa-apa itu bagian risiko, tidak ada suatu kenikmatan yang diperoleh tanpa adanya kerja keras,” ujarnya.

Ulil menjelaskan, berbagai kritikan itu muncul salah satunya disebabkan oleh komoditas batu bara yang masuk dalam daftar penyebab terjadinya perubahan iklim dunia saat ini.

Apalagi topik mengenai perubahan iklim ini memang menjadi perhatian dunia. Bahkan berbagai lemabaga internasional juga tengah menggencarkan kampanye besar-besaran terkait perubahan iklim tersebut.

“Batu bara memang di dalam kampanye ini dianggap sebagai barang najis. Sebab dari sepuluh energi fosil yang ada, mungkin batu bara dalam pandangan aktivis lingkungan ini yang paling najis,” ujarnya.

Kendati demikian, Ulil berpandangan seharusnya terjunnya NU dalam dunia tambang batu bara ini tidak dapat digolongkan sebagai sebuah tindak kejahatan, mengingat batu bara sendiri merupakan sumber daya alam yang sedikit besarnya memberikan manfaat bagi manusia.

“Bagi saya tambang itu anugerah dari Allah untuk bangsa ini. Menajiskan batu bara itu tidak sesuai dengan pandangan islam karena ini anugerah Allah,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Peringati Tahun Baru Islam, Wamenag Ajak Umat Berhijrah

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki berpesan kepada seluruh umat Islam untuk selalu optimis dalam berhijrah ke arah yang lebih baik.

Gandeng MA, Kemenag Bentuk Tim Mitigasi Sengketa Wakaf

Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung (Badilag MA) untuk membentuk Tim Task Force dalam upaya mitigasi sengketa wakaf.

Lokasi SIM Keliling Hari Kamis 18 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Kamis 18 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Cuaca Jakarta Kamis 18 Juli 2024 Bakal Cerah Berawan Sepanjang Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tips Pakai Eyeshadow Anti ‘Creasing’ Di Kelopak Mata

Pilihan warna eyeshadow yang menarik bisa membuat penampilan semakin cantik dan menaikkan rasa percaya diri. Eyeshadow yang terlihat rapi dan tahan lama pastinya menjadi dambaan setiap penggemar makeup.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS