BerandaOtoteknoTeknoMardiansyah Harap Pemerintah Tingkatkan SDM dan Infrastruktur IT Pasca Serangan Ransomware

Mardiansyah Harap Pemerintah Tingkatkan SDM dan Infrastruktur IT Pasca Serangan Ransomware

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Eksekutif Nasional Rampai Nusantara, Mardiansyah memberikan pandangannya pasca terjadi serangan brain cipher ransomware terhadap Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (PDNS Kominfo).

“Secanggih-canggihnya kita membangun sistem keamanan itu, jauh lebih canggih lagi maling untuk menjebolnya,” kata Mardiansyah ketika ditemui jurnalis Holopis.com di kantornya di kawasan Cipinang Indah, Jakarta Timur, Rabu (26/6).

Dengan insiden bobolnya sistem keamanan Pusat Data Nasional Sementara tersebut, Mardiansyah pun menyarankan agar ada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang keamanan siber di Indonesia, sehingga serangan-serangan siber semacam ini bisa semakin diantisipasi dan diminimalisir.

“Tentu kualitas SDM harus terus di-upgrade ya, pelatihan-pelatihan diri, peningkatan sumber daya manusia yang cakap dan lain sebagainya,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain SDM yang cakap dan berkualitas, Mardiansyah pun meminta agar negara juga fokus pada pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan siber yang ada saat ini.

Sebab menurutnya, peningkatan SDM juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas infrastruktur sehingga keduanya bisa berjalan dengan baik dan beriringan.

“Sekarang saya rasa dua-duanya ya, bahwa sumber daya manusianya juga harus di-upgrade, lalu sistem keamanannya juga harus di-upgrade,” terangnya.

Berkaitan dengan sistem keamanan, aktivis 1998 ini pun menekankan bahwa setiap kejahatan akan selalu meningkatkan skill dan kualitasnya, sehingga mereka bisa membobol semua bentuk keamanan yang ada.

Hal ini juga terlihat dari pergerakan ransomware yang diduga dikembangkan oleh sindikat kejahatan siber bernama LockBit 3.0, yang mana sebelumnya organisasi peretas dunia ini merupakan kelanjutan dari pengembangan Lockbit 2.0.

“Pelaku kejahatan itu dia selalu mengupgrade diri untuk melakukan tindak kejahatannya. Ya secara otomatis nanti kita juga bisa menimbang gitu (perlu upgrade diri-red),” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Trailer VR Anime Mobile Suit Gundam Silver Phantom Rilis, Pamerkan Lagu Tema Shoko Nakagawa

Kanal YouTube resmi untuk Mobile Suit Gundam menayangkan video trailer terbarunya yang mengungkap lagu tema Shōko Nakagawa "Across the World".

Syam Basrijal Sebut Indonesia Sedang Diterpa Krisis Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa peretasan dan serangan siber yang dialami Pusat Data Nasional Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (PDNS Kominfo) dengan Ransomware merupakan bentuk dari indikasi terjadinya krisis keamanan data di Indonesia.

Siap-Siap Update Terbaru Mobile Legend, Kemunculan Lord di 3 Lane!

MOONTON Games yang memproduksi game Mobile Legend Bang Bang (MLBB), nantinya akan melakukan update terbaru pada game tersebut. Di mana akan memunculkan Lord di 3 Lane berbeda, setelah tim kalian berhasil mengeliminasi Lord.

Item Baru Ini Gak Ngotak di Season Saat Ini! Simak Penjelasannya

Berbagai item yang ada di Mobile Legends sendiri memiliki beragam fungsi, mulai dari item untuk Tank, Fighter, Support, Mage, Marksman, dan Assassin. Setiap fungsi item-item ini mempunyai tujuan dan fungsinya masing-masing, misal untuk meng-counter hero lawan ataupun untuk bertahan.

Emblem Baru Temporal Reign Cocok Untuk Hero Yang Spam Skill, Ultimate No Cooldown!

Mobile Legends Bang Bang (MLBB), yang merupakan permainan multiplayer online battle arena yang dikembangkan dan diterbitkan oleh MOONTON Games. Dalam game ini terdapat banyak sekali hero-hero yang diciptakan untuk bermain.

Syam Basrijal Sebut Faktor Bobolnya Sistem Pemerintah Karena Kurang Pemeliharaan

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa kelemahan utama teknologi di pemerintahan dewasa ini adalah kurangnya pemeliharaan dan peremajaan sistem digital.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS