BerandaDaerahKalimantanKPI Balikpapan Buat Program Karindangan, Ini Maksudnya

KPI Balikpapan Buat Program Karindangan, Ini Maksudnya

Karindangan merupakan singkatan dari Kampung Atas Air Indah, Tenang, Berdikari dan Nyaman yang berasal dari bahasa Banjar yang berarti kerinduan. Sedangkan kerinduan ini dimaksudkan dengan kerinduan terhadap kondisi alam yang ada sediakala.

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan program kelestarian lingkungan.

Program ini merupakan implementasi dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Untuk mewujudkannya, mereka berkolaborasi dengan kelompok binaan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Margasari, Kelompok Program Kampung Iklim (PROKLIM) Margasari, dan perwakilan RT 13, 15, 29, dan 30 Margasari.

FGD dilaksanakan di Kantor Kelurahan Margasari pada hari Rabu, 26 Juni 2024.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan, Dodi Yapsenang menjelaskan tentang program Karindangan ini.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Karindangan merupakan singkatan dari Kampung Atas Air Indah, Tenang, Berdikari dan Nyaman yang berasal dari bahasa Banjar yang berarti kerinduan. Sedangkan kerinduan ini dimaksudkan dengan kerinduan terhadap kondisi alam yang ada sediakala,” kata Dodi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Menurut Dodi, Kegiatan FGD ini menjadi wujud nyata komitmen perusahaan untuk turut berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan masyarakat yang ada di sekitar area perusahaan.

Dodi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam program kelestarian lingkungan tersebut.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini, terutama rekan KSB  dan PROKLIM kelurahan Margasari dan seluruh masyarakat yang terlibat,” ujarnya.

“Semoga dengan adanya agenda FGD ini menjadi pondasi yang kuat dalam menjaga kerjasama antara perusahaan dan masyarakat,” pungkasnya.

PT KPI Unit Balikpapan berharap kegiatan ini menjadi pondasi yang kuat dalam menjaga kerjasama antara perusahaan dan masyarakat yang ada di sekitar area industri PT KPI RU V Balikpapan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Proklim Margasari, Darwis menuturkan bahwa kegiatan FGD ini merupakan tindak lanjut dari agenda FGD yang sudah dilaksanakan dari Februari hingga Maret. Selain itu pihak Kelurahan juga berharap kerja sama dan bantuan yang diberikan dapat berkelanjutan.

“Terima kasih banyak kepada PT KPI, mudah-mudahan dengan pertemuan ini akan membuat kerjasama kita lebih baik lagi. Kami yakin maksud ini baik, dan mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya terjadi di kampung atas air, di wilayah darat juga bisa tersentuh kedepannya,” harap Darwis.

Masyarakat terlihat aktif memaparkan ide dan gagasan pada sesi diskusi untuk perancangan program Karindangan yang akan dilaksanakan di kelurahan Margasari.

Ide dan gagasan tersebut meliputi ; masalah air bersih, pengelolaan sampah, kesehatan, dan juga pengaktifan beberapa program yang ada di masyarakat.

Pada akhir kegiatan, masyarakat dan tim CSR PT KPI Unit Balikpapan sepakat untuk melakukan pertemuan lanjutan guna membahas perencanaan dan implementasi lebih lanjut dari pelaksanaan program yang sudah dibahas dalam forum ini.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Tim Gegana Kaltim Sterilisasi Lokasi Penghitungan Ulang Surat Suara Legislatif Kalimantan Timur

Personil Detasemen Gegana Subden Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob  Polda Kaltim melakukan giat sterilisasi dan pemasangan secdoor dalam rangka perhitungan ulang surat suara dan rekapitulasi perolehan suara oleh KPUD Kota Samarinda.

Layani Konsumen Tegangan Tinggi, PLN UIP KLT Garap Pembangunan GI dan SUTT 150kV Tempadung

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 1 (UPP KLT 1) mulai lakukan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikannya.

OIKN dan Komisi VII DPR Tinjau Progres Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Jelang Upacara 17-an

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Komisi VII DPR melakukan peninjauan progres pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan serta mengevaluasi kesiapan pelaksanaan Upacara menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia di Kawasan Nusantara.

Tim Jibom Den Gegana SatBrimob Polda Kaltim Amankan Temuan Mortir Sisa Perang Dunia II

Unit Penjinak Bom (Jibom) Gegana Sat Brimob Polda Kaltim mengamankan dan evakuasi sebuah benda mencurigakan diduga amunisi bom jenis mortir yang ditemukan warga di sekitaran area pemukiman warga, Sabtu (22/6).

Tingkatkan Ekonomi Halal Value Chain, BI Balikpapan Gelar PESAN

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui halal value chain, Bank Indonesia Balikpapan menggelar Pekan Ekonomi Syariah Nusantara (PESAN) 2024 dengan...

Dukung IUP Capai ESG, OIKN Konsultasikan Pedoman Reklamasi Tambang

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Sebagai wujud proses kebijakan yang partisipatif, Otorita Ibu Kota Nusantara melalui Kedeputian Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam melakukan Konsultasi...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS