HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Personil Detasemen Gegana Subden Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob  Polda Kaltim melakukan giat sterilisasi dan pemasangan secdoor dalam rangka perhitungan ulang surat suara dan rekapitulasi perolehan suara oleh KPUD Kota Samarinda di Ballroom Hotel Harris, kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (26/6).

Plh. Wadanden Gegana AKP Erwan Darmawan S.A.P, mengatakan tim penjinak bom diturunkan untuk memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta mencegah hal-hal yang dapat mengganggu jalannya acara penghitungan suara.

“Sebelum melakukan kegiatan Perhitungan dan Rekapitulasi Suara, sterilisasi dan pemasangan secdoor dilaksanakan oleh tim Jibom Den Gegana Brimob, tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk gangguan kamtibmas,” kata Erwan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Lebih lanjut ia menjelaskan tindakan sterilisasi tersebut bukan hanya dilakukan pada ruangan saja tetapi juga pada pintu masuk ruangan dan area sekitar lokasi acara yang akan berlangsung malam nanti. 

“Selain melaksanakan sterilisasi ruangan penghitungan ulang surat suara, tim nantinya juga akan memeriksa setiap peserta dan barang bawaannya yang akan memasuki maupun keluar ruangan rapat dengan menggunakan alat metal detectors,” ujarnya.

Di tempat terpisah Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai, menyampaikan hal itu bertujuan untuk mengantisipasi masuknya benda-benda yang mencurigakan yang hendak dibawa ke dalam ruangan rapat pleno terbuka, yang dimungkinkan dapat membahayakan jalannya kegiatan tersebut maupun peserta / undangan lainnya.

“Pengamanan kita lakukan secara humanis dan persuasif, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan semua pihak legowo menerima hasilnya sehingga acara dapat berjalan dengan tenang hingga selesai,” singkatnya. 

Diketahui kota Balikpapan juga akan melaksanakan PSSU esok yang dihadiri langsung oleh Kepala Bawaslu RI.